Kiprah Komara Dhitayana Catat Rekor Muri Sebagai Binaraga Natural Berprestasi

 

Teks: Alfian Lutfi

Menyandang predikat binaraga natural adalah kebanggaan tersendiri yang dialami oleh binaragawan Indonesia kita “Komara Dhitayana”. Hal tersebut merupakan prestasi yang amat sangat sulit diraih oleh binaragawan-binaragawan masa kini. Apalagi yang menobatkannya sebagai binaragawan berprestasi adalah Museum Rekor Indonesia.

Pada 13 Desember 2016 kemarin, Komara Dhitayana yang notebene adalah binaragawan profesional dan aktif bertanding diajang binaraga kelas 80 kg ini, mencatat prestasinya pada Museum Rekor Indonesia dengan gelar “Atlet Binaraga Berprestasi 22 Tahun Tanpa Doping”.

Hal ini adalah prestasi yang membawa angin segar untuk citra dunia kebugaran indonesia, bahwa semakin canggihnya dunia teknologi serta medis saat ini, masih terdapat binaragawan yang mampu berprestasi tanpa pengaruh doping.

Dalam kesempatannya kemarin, reps berhasil mewawancarai binaragawan Indonesia yang mampu mencatat rekor MURI tersebut. Berikut perbincangan ekslusif kami bersama binaragawan profesional “Komara Dhitayana” selengkapnya:

Reps: Bisa dijelaskan terlebih dahulu mengenai prestasi rekor muri yang Anda capai saat ini? (Klasfikasi nominasinya dan siapa saja yang turut andil dalam pengesahan rekor tersebut) :

Komara Dhitayana: Baik Terimaksih sebelumnya,Prestasi dan Dedikasi yang saya dapatkan saat ini adalah ATLET BINARAGA BERPRESTASI 22 TAHUN TANPA DOPING,,mengenai pengesahan REKOR pada tanggal 13 Desember 2016 telah di setujui melalui pertimbangan dan kajian dari team MURI dan Dewan Penasehat Kehormatan MURI yaitu :

  1. Jendral TNI(Purn) Dr.Moeldoko
  2. Letnan Jendral TNI (Purn) Dr.(H.C) Sutiyoso
  3. Mohammad Mahfud M.D.,S.H.S.U.
  4. Dr.Salim Said,M.A.,MAIA.
  5. Dr.Siti Musdah Mulia,MA
  6. Dr.Franz Magnis Suseno,SJ
  7. Dr.Hendrawan Supratikno
  8. Dr.Laode Masihu Kamaluddin,M.Sc.,M.Eng.
  9. Dr.A.M.Hendropriyono
  10. Dr. Sri Edi Swasono
  11. H.S.Dillon
  12. Anies Rasyid Baswedan
  13. Rizal Ramli
  14. Christianto Wibisono
  15. Fadli Zon,SS,M.Sc

Reps: Bagaimana perasaan Anda setelah mencapai rekor MURI tersebut?
Komara Dhitayana:
Saya bangga dengan rekor MURI yang telah saya capai,besar harapan saya agar ada rekor-rekor baru lainnya dari teman-teman binaraga.

Reps: Setelah dinobatkan menjadi binarawagan natural selama 22 tahun, apakah Anda merasa puas dengan ini?

Komara Dhitayana: Saya rasa belum puas,karena belum bisa memberikan edukasi yang maksimal mengenai dampak negatif dari penggunaan doping di industri olahraga dan binaraga khusus nya
Reps: Bagaimana Anda menjalani gelar binaraga natural ditengah maraknya doping yg beredar di industri fitness dan binaraga indonesia kita?

Komara Dhitayana: Berbicara tentang binaraga natural sama dengan berbicara tentang nilai-nilai kejujuran seseorang,hal-hal tersebut yang selalu saya jalankan dan pendirian yang kuat untuk selalu tidak menggunakan jalan pintas (menggunakan doping) guna mencapai suatu prestasi
Reps: Apakah rekor tersebut mendapat dukungan baik dari pemerintahan daerah maupun badan induk binaragawan indonesia kita? Lantas seperti apakah bentuk dukungan tersebut?
Komara Dhitayana: Tentu sangat mendukung baik dari induk organisasi pusat (PB PABBSI) maupun dari induk organisasi daerah (PENGPROV), terutama dukungan moril.

Reps: Setelah ajang PON 2016 berakhir, apakah target Anda untuk kedepannya?

Komara Dhitayana: Untuk target kejuaraan kedepan belum ada, tapi saya tetap berlatih untuk menjaga masa otot, dikarenakan untuk binaraga natural pembentukan masa ototnya tidak bisa dibentuk dalam waktu yang singkat jadi saya akan tetap berlatih walaupun tidak ada kejuaraan

Reps: Apa yang menjadi kesulitan serta pengalaman pahit Anda selama menjadi binaraga natural, terlebih lagi ketika memasuki masa-masa pertandingan?

Komara Dhitayana Saya rasa tidak ada kesulitan yang berarti,tapi yang harus selalu saya tanamkan untuk saya sendiri adalah mental juara dan latihan yang super-super keras, tidak lupa asupan nutrisi yang seimbang serta istirahat yang cukup, sementara pengalaman pahit nya adalah minim nya waktu untuk keluarga terutama menjelang kejuaraan, dikarenakan yang ada dalam pikiran saya adalah latihan,latihan dan latihan


Reps: Siapa orang yang paling terpenting dalam karir Anda selama ini?

Komara Dhitayana: keluarga.

Reps: Sebagai binaragawan profesional, apa yang Anda ingin sampaikan kepada pecinta fitness dan binaraga kita di indonesia?
Komara Dhitayana:
Selalu menjunjung tinggi sportivitas, hargai hidup dengan cara selalu menjaga kesehatan, jangan pernah menggunakan jalan pintas (doping) untuk mencapai suatu prestasi karena apabila terjadi kerusakan organ tubuh (ginjal,hati,jantung dll) tidak akan pernah bisa diganti dengan uang dan yang terakhir jadilah kebanggaan buat diri sendiri, keluarga dan bangsa Indonesia

Reps: Apa harapan dan target kedepannya untuk tahun-tahun berikutnya?
Komara Dhitayana:
Saya sangat berharap industri binaraga dan Fitness di Indonesia jauh lebih berkembang dengan prestasi yang mendunia, serta ingin selalu mengedukasi penting nya arti kesehatan,(sehat memang bukan segalanya tapi kalau tidak sehat, kita tidak bisa melakukan segalanya)

Profil.

  • Nama lengkap:  Komara Dhita Yana
  • Tempat tgl lahir: Lampung,24 Juni 1972
  • Tinggi badan: 165cm
  • Berat badan on/off: 80kg/83kg
  • Makanan favorit: Karedok
  • Minuman favorit: Kelapa Muda
  • Hobi: Latihan
  • Gym: Komara GYM Prabumulih dan Elysa GYM Palembang
  • Prestasi-prestasi yg diraih (wajib diisi):
  1. Tahun 1994-2006 Juara Pra PON & PON kelas 75kg
  2. Tahun 2007-2016 Juara Pra PON & PON kelas 80kg
  3. Tahun 1997 Runner Up SEA GAMES Jakarta
  4. Tahun 1999 Runner Up MUSCLE MANIA USA
  5. Tahun 1999 Runner Up SEA BANGKOK
  6. Tahun 2006 1st Mr.INDONESIA 75kg & The Best Body Seri III Palembang
  7. Tahun 2007 1st Mr.INDONESIA 75kg & The Best Pose Final Mr.INDONESIA
  8. Tahun 2011 2nd World BodyBuilding Physique Federation(Kejuaraan Dunia)Mellaca
  9. Tahun 2013 3rd ASIAN BODYBUILDING Vietnam
  10. Tahun 2013 2nd SEAGAMES Myanmar

Masih banyak kejuaraan kejuaraan lain yang blm saya cantumkan baik di Nasional,Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *