Konsumsi makanan dan minuman ini setelah latihan

1

Oleh: Ayyuni S.

Saat membangun otot, Anda tidak hanya difokuskan untuk latihan saja. Namun perlu juga memperhatikan nutrisi dan juga waktu istirahat yang cukup untuk pemulihan. Tidak hanya makanan sebelum Anda latihan saja, namun juga setelah latihan agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dan pemulihan otot Anda berjalan dengan cepat.

Anda dapat memilah makanan apa saja yang baik Anda konsumsi setelah latihan berdasarkan kandungannya. Diperkirakan selama otot Anda dilatih, kadar protein akan menurun dan otot mengalami perobekan. Bahkan 45 menit setelahnya protein dan karbohidrat yang Anda konsumsi akan diserap lebih cepat.

Dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat setelah latihan, Anda hendaknya tidak mengkonsumsi karbohidrat dengan index glikemik tinggi karena akan berubah menjadi gula dan bukan sumber energi yang baik. Untuk itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang diperlukan untuk menjaga agar tubuh dan otak Anda berfungsi dengan normal. Peredaran darah berjalan lancar setelah Anda berolahraga, hal ini sangat baik untuk menempatkan protein-protein dan karbohidrat ke dalam tubuh.

Berikut Reps ulas daftar makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah latihan.

Greek Yogurt (Yogurt Yunani)

2

Bukan rahasia umum jika yogurt menjadi salah satu makanan yang kerap dicari saat diet. Selain sehat, rasanya yang asam segar menjadi salah satu makanan yang memanjakan lidah Anda. Namun yogurt Yunani ini sedikit berbeda dengan yogurt yang biasa Anda temukan di pasaran. Yogurt Yunani memiliki teksture yang lebih lembut lantaran mengalami beberapa kali penyaringan. Yogurt jenis ini juga mengandung protein, kalsium dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otot.

Buah berry segar

Buah berry segar mengandung micronutrients, yakni enzim yang dapat membantu meringankan rasa sakit setelah latihan. Buah berry sangat baik dikonsumsi setelah latihan karena mudah dicerna dan memiliki cukup karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang. Anda dapat menambahkan buah berry ke smoothie atau yogurt Yunani.

Salad buah

Anda penyuka buah-buahan pasti sangat suka dengan makanan ini. Selain rasanya yang lezat, berbagai kandungan dari buah-buahan yang ada didalamnya sangat baik untuk tubuh. Anda dapat mencampurkan nanas, kiwi, pisang, dan lain-lain. Nanas memiliki efek anti inflamasi untuk meringankan sakit pada otot, kiwi membantu melancarkan pencernaan dan memecah asam amino, sedangkan pisang mengandung serat yang tinggi, kalium, vitamin C, mangan dan air. Buah-buahan tersebut sangat membantu merevitalisasi otot setelah latihan.

Ubi jalar

3

Ubi jalar sering kali digunakan sebagai karbohidrat pengganti nasi karena dengan mengkonsumsinya kita akan merasa kenyang. Ubi jalar mengandung banyak air yang membantu mencukupi cairan yang hilang saat berolahraga. Selain itu ubi jalar juga mengandung vitamin B dan C, mangan, magnesium, dan zat besi. Tidak seperti umbi-umbian yang lainnya, ubi jalar menurunkan gula darah dan menstabilkan insulin, sambil membantu menyediakan bahan nakar tubuh dan menyegarkan sel-sel. Manfaat lain dair ubi jalar adalah dapat memperbaiki peradangan dan melawan kontaminan.

Sereal

Sereal mengandung sekitar 30 gram karbohidrat, 10 gram serat dan 13 gram protein. Menambahkan susu atau yogurt Yunani akan menambah cita rasa lezat dan meningkatkan kandungan di dalamnya untuk mengisi bahan bakar otot.

Susu

Susu adalah minuman terbaik dan masuk pada 4 sehat 5 sempurna sebagai pelengkap. Namun sekarang ini susu yang ada di pasaran telah dicampur dengan pemanis buatan dan bahan pengawet, sehingga banyak kandungan tidak baik didalamnya. Untuk itu Anda harus bijak memilih susu yang ingin Anda konsumsi. Susu murni mengandung kalsium, gula, protein serta air. Satu kesatuan ini mampu mengisi kembali bahan bakar otot.

Ikan

4

Ikan-ikanan, khususnya salmon liar, tuna, trout dan halibut kaya akan asam lemak omega 3, magnesium dan protein. Mengkonsumsi ikan ini sangat baik untuk stamina dan kekuatan otot. Asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan otot, membantu mencegah penyakit dalam dan mengurangi serangan jantung. Untuk mendapatkan kandungan yang maksimal, pastikan Anda membeli ikan yang masih segar dengan sumber yang bersih sehingga terbebas dari paparan merkuri.

Air putih

Yang terakhir adalah air putih. Air adalah sumber kehidupan sehingga sangat penting meminum air putih setiap hari, termasuk setelah berolahraga. Air membuat seluruh fungsi tubuh Anda lebih baik dengan mengatur suhu tubuh dan membilas racun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *