Manfaat dibalik kesegaran mentimun buah murah yang kaya manfaat

sliced-cucumberm

Mentimun atau ketimun merupakan tumbuhan yang mengahasilkan buah yang dapat dimakan. Biasanya dipanen ketika belum terlalu masak untuk dijadikan sayuran (lalapan) atau penyegar. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, megnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Kandungan mineral yang ada pada ketimun adalah pottasium, magnesium, kallium, zat besi, dan fospor. Karena kandungan potasium, magnesium, dan fospor ini ketimun baik sebagai obat alami hipertensi. Mentimun juga mengandung 35.100-486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai antii tumor.

Mentimun dapat kita temukan dimana saja. Dengan memiliki kandungan air yang cukup banyak, maka dapat digunakan untuk membantu melembabkan wajah. Habitat tumbuhan mentimun merupakan tanaman semusim, yaitu setelah berbunga dan berbuah, maka tanaman itu akan mati. Biasanya satu tumbuhan menghasilkan 20 buah, namun di dalam budaya tanaman mentimun biasanya jumlahnya dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang lebih baik. Ketimun, timun, atau mentimun didapat sepanjang musim, manfaatnya sangat beragam mulai dari sebagai obat alami, untuk kecantikan, bahkan untuk memberantas hama dan membersihkan rumah. Sebagai obat herbal antara lain untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, peluruh racun / detoks, pelangsing badan, atasi selulit, obat diare, sariawan, typhus dll.

Berikut Beberapa Khasiat dari Mentimun :

DETOKSIFIKASI

Kandungan air dalam mentimun yang mencapai 90 % memiliki efek untuk memperlancar buang air kecil, membanru menghilangkan dan menetralkan toxin (racun), membantu melunturkan bakteri yang berada di dalam usus dan yang menempel pada dinding kandung kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun mengeluarkan kalebihan asam urat dan sisi metabolisme melalui ginjal. Asam urat yang berlebihan di dalam darah dapat membentuk kristal yang menumpuk tergolong dalam sayuran murah dan mudah pada persendian sehingga menyebabkan sakit radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme dan deposit lemak. Dengan kita mengkonsumsi mentimun dapat membantu meluruhkan batu ginjal dan menghindari penumpukan racun di dalam tubuh.

OBAT PELANGSING

body-slimming

Kandungan kalori pada mentimun sangat rendah, tetapi kaya akan serat. Begitu juga kandungan asam melonatnya dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

OBAT SARIAWAN

Timun bermanfaat juga untuk meredakan sariawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup banyak, niscaya buah yang memberi rasa dingin di rongga mulut ini mampu meredam panas dalam / sariawan. Tentu saja memakannya tanpa bumbu rujak atau sambal terasi, supaya mulut malah jadi tidak terbakar.

Seorang penulis buku, K heyne voderman dalam bukunya, Tijdschr v ini geneeskundigen 1895, menyaksikan sendiri seorang penderita sariawan yang berusaha berobat ke eropa dengan hasil sia-sia . bahkan, mereka jadi kekurangan darah. Dan ajaibnya, mereka akhirnya sembuh sempurna setelah setiap hari memakan sembilan buah mentimun selama beberapa bulan sembari melakukan diet ketat terhada susu, telur dan anggur.

Perawatan Kulit dan Wajah

Beauty-therapy-pic1

Perawatan dengan buah-buahan selama ini dianggap relatif aman bagi kesehatan kulit wajah dan rambut. Perawatan kecantikan seperti ini lebih baik dari pada menggunakan produk kosmetika yang umumnya mengandung zat kimia. Selain itu, perawatan ini bisa dilakukan sendiri dirumah pada saat-saat senggang. Timun juga sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan airnya juga menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya pun sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah dan leher.

Untuk pembersih dan penyegar wajah, gunakan masker campuran timun yang di cincang dan yoghurt. Diyakini campuran ini cocok untuk semua jenis kulit. Yang perlu di ingat, pilihlah buah-buahan yang cocok dengan jenis kulit agar mendapatkan wajah segar seperti yang diinginkan.

Memperlancar Air Seni dan Menurunkan Darah Tinggi

Jus timun merupakan salah satu diuresis terbaik untuk memperlancar air seni dan juga menurunkan darah tinggi. Selain itu jenis sayuran ini enak dimakan mentah serta menyehatkan. Caranya, campurkan satu gelas sari buah mentimun dengan 1 sdt madu dan 1 sdt jeruk nipis segar. Baik di konsumsi 2 kali dalam sehari.

Mata Yang Sering Lelah Dan Mengantuk

eye-bags-natural-treatment

Tempelkan irisan timun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.

Obat Jerawat

Ambil satu buah timun, iris-iris secukupnya sesuai kebutuhan, tempelkan pada muka, khususnya daerah yang berjerawat.

Obat Demam

Child-With-Fever

Ambil timun dua atau tiga buah , parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada begian perut. Lakukan hingga demam mereda. Selain itu juga dapat dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda dikulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal. Baik pula untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinir matahari, serta untuk kesehatan rambut dan kuku.

Obat Disentri

Selain itu mentimun dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri, 1 buah mentimun dicuci, direbus dan dihaluskan, setelah disaring dan diambil airnya, dicampurkan dengan sesikit madu, kemudian diminumkan kepada penderita hingga diare mampet.

Mengobati Sakit Tenggorokan

Apabila Anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji mentimun. Caranya sedikit biji mentimun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa hari sekali. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.

sorethro1

Selain itu mentimun juga bisa berguna sebagai obat anti kanker. Terkadang mentimun itu merasa pahit. Rasa pahit itu berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun (getah mentimun) walaupun pahit, namun saponin tersebut bisa berguna sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol dan meningkatkan daya tahan tubuh.(AZ)(Okty/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.