Manfaat Ikan Gabus

muara04bsr

Dari berbagai jenis ikan yang ada di Indonesia ada sejuta manfaatnya, kali ini Reps hadirkan si Ikan Gabus yang merupakan ikan sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah : aruan, haruan (Mly,Bjn), kocolan (Btw), Bodo (Sd), bayong, bogo, licingan (Bms), kutuk (Jw) dan lain-lain. Dalam bahasa inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti commond snakehead, sbakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga arua. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatera dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin salah satu ikan asin yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa. Khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

Dalam Ikan Gabus kandungan albuminnya sangat tinggi sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Pernah liat Ikan Gabus yang hidupnya dirawa-rawa ? rupanya memang jelek. Meski begitu rasanya, tak kalah lezat dari ikan salmon. Ikan Gabus mudah ditemukan dipasar-pasar tradisional, bahkan di pasar-pasar modern. Biasanya dalam bentuk kering alias Ikan Gabus asin.

gabus

Sayangnya belum banyak yang menjadikan ikan gabus sebagai lauk favorit. Padahal, selain rasanya yang lezat, ikan gabus juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Kandungan protein albuminnya yang sangat tinggi, membuat ikan gabus dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan beragam penyakit, dari kekurangan gizi hingga HIV-AIDS.

APA SIH ALBUMIN ITU ?

Albumin adalah protein yang ada dalam darah yang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Selama proses dialysis, albumin dalam darah membantu pembuangan cairan dengan cara menarik cairan yang berlebih dalam jaringan kembali ke dalam darah untuk kemudian disaring oleh ginjal buatan (dialyzer).

protein-albumin-ikan-gabus-pujimin

Berapa Kadar Albumin Yang Direkomendasikan ?

Kidney Disease Outcomes Quality Initiative dari national Kidney Foundation merekomendasikan level albumin sama dengan atau lebih tinggi dari 4.0 g/dl.

Makanan Apa Saja Yang Mengandung Protein ?

Makanan hewati seperti daging sapi, ikan, ayam, telur, susu mengandung kandungan protein tingkat tinggi. Sedangkan kacang-kacangan, sayur-saturan mempunyai tingkat kandungan protein lebih rendah. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein seperti susu, yogurt, keju, kacang-kacangan, dibatasi dalam konsumsinya untuk pasien dialysis karena mengandung kadar kalium dan phospat yang tinggi.

protein-rich-foods

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kecukupan Kadar Albumin ?

  • Mencari tahu dan kemudian mengknsumsi makanan yang mengandung kadar protein tinggi sesuai dengan rekomendasi dari ahli gizi.
  • Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan infeksi (hindari menggaruk, menjaga akses vaskular tetapt bersih, dan lainlain).
  • Beritahu tim medis apabila dirasakan terdapat bagian tubuh yang terkena infeksi.
  • Periksa kadar albumin secara berkala perbulan.(atria/berbagai sumber)

3 thoughts on “Manfaat Ikan Gabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.