Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

susu kedelai

Sudah pernah dengar tentang manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh kita? Minuman yang dimasukkan ke dalam makanan sehat ini tidak hanya mengandung asam amino esensial yang kita butuhkan, tapi juga  zat besi, vitamin C, thiamine, folate, kalsium, potasium, zinc, dan mangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya. Selain itu, susu kedelai dapat meringankan gejala menopause, seperti sensasi rasa panas (hot flashes) dan berkeringat di malam hari. Kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun. Sedangkan anggapan bahwa susu kedelai berguna bagi kesehatan jantung masih diteliti.

Dan manfaat lainnya tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalam kedelai. Berikut beberapa kandungan susu kedelai yang baik bagi tubuh:

Protein

Susu nabati yang satu ini mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, tapi dengan kalori yang lebih rendah.

Kedelai memiliki semua sembilan asam amino esensial yang Anda butuhkan untuk otot dan tulang yang sehat. Tubuh Anda tidak dapat membuat senyawa itu sendiri, sehingga sebagian besar non-vegetarian mendapatkannya dari protein hewani seperti daging sapi, ayam, dan telur.

Buat Anda yang membutuhkan asam amino lengkap dari susu kedelai, Anda bisa konsumsi SOY PRO yang mengandung 9 asam amino Histidin, Isoleusin, Leusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Threonine, Tryptophan, Valin, yang dianggap penting bagi tubuh.

Tinggi Omega-3

Kedelai tinggi akan kandungan asam lemak, seperti omega-3, yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Memaksimalkan fungsi sel darah merah

Minuman ini mengandung 1,1 mg zat besi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan 8-18 mg zat besi dalam satu hari. Zat besi dapat membuat sel darah merah mampu melakukan tugasnya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Osteoporosis merupakan masalah yang sangat terkait dengan usia dan hormon seseorang. Kandungan fitoestrogen pada susu kedelai disebut mampu menyelaraskan penyerapan kalsium oleh tubuh, dan mengurangi resiko kehilangan masa atau patah tulang pada wanita menopause. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, akan lebih baik bila mengkonsumsi susu kedelai yang telah diperkaya dengan vitamin D dan kalsium.

Perlu untuk diketahui, konsumsi sebanyak 10 mg kedelai per hari dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara hingga 25%. Hal ini karena kedelai mengandung antioksidan berupa zat genistein yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *