Membangun Otot Dan Hidup Sehat di Tahun 2020 Berikut Caranya

membangun otot

Tahun 2019 Anda belum juga berhasil membangun otot? Atau sudah berhasil bangun otot, namun dengan cara yang tidak sehat?

Di tahun 2020 ini Anda perlu merubah goal Anda untuk memiliki tubuh berotot sekaligus sehat. Karena selain kesehatan itu mahal, memiliki tubuh berotot, namun dengan kondisi kesehatan yang buruk tentu saja tidak ada gunanya.

Berikut Reps bagikan 4 hal yang perlu diperbaiki dalam membangun otot sekaligus menjaga kesehatan berikut ini.

Mengutamakan intensitas daripada kuantitas

Tidak ada salahnya menetapkan target dalam latihan beban. Namun Anda juga perlu berpikir untuk meningkatkan kualitas latihan Anda. Banyak dan sering berlatih tidak membuat otot Anda tumbuh besar. Yang terjadi justru kelelahan otot karena tidak memiliki waktu untuk recovery. Bahkan yang terburuk adalah over-training.

Selain itu, menambah kuantitas otot dengan cara yang salah membuat tubuh dalam keadaan yang tidak baik. Kesehatan akan terganggu. Dengan kata lain, Anda akan kehilangan banyak waktu yang berharga hanya karena ambisi untuk memiliki otot yang besar.

Lebih disiplin dan konsisten

Jadwal latihan Anda adalah 3 kali seminggu. Namun karena ada suatu hal, Anda hanya berlatih 2 kali saja. Satu sesi latihan adalah 30 menit, tapi karena lelah setelah bekerja, Anda memangkasnya menjadi 15 menit. Anda harus tidur jam 8 malam dan bangun pukul 5 pagi. Namun karena ada film favorit, Anda mengundurnya jadi jam 10 malam. Meskipun sepele, nyatanya ketiga hal ini sangat berpengaruh pada hasil latihan Anda.

Biasakanlah konsisten dan disiplin dalam menjalankan sesuatu, termasuk saat membangun otot. Latihan yang cukup, istirahat, serta nutrisi adalah komponen penting yang berkesinambungan. Jika salah satunya diabaikan, maka tujuan Anda membangun otot tidak akan berhasil.

Cintai angkat beban

olahraga angkat beban

Progress dalam mengangkat beban, target yang tidak juga tercapai, kegagalan demi kegagalan sering kali membuat Anda merasa stres. Namun ternyata, jika Anda mencintai hal yang Anda lakukan, stres dapat dihindari. Bagaimana caranya?

Pertama kembali pada niat awal Anda, yakni membangun otot. Jangan berpikir Anda harus sebesar apa, tapi nikmati proses dan hargai sedikit demi sedikit perubahan yang ada. Membangun otot bukan sesuatu yang instan, sehingga butuh waktu dan ketekunan. Jika Anda gagal, cobalah untuk mengoreksi apa yang salah. Bila Anda sungguh-sungguh dan melakukan latihan, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan istirahat dengan benar, maka kemajuanlah yang Anda dapat.

Ikuti saran dokter

Perjalanan membangun otot tidak selamanya mulus. Terkadang tanpa diduga, cedera bisa terjadi kapan saja. Untuk itu jika terjadi cedera mintalah bantuan dokter atau ahlinya agar ditangani dengan baik. Dokter akan memberikan diagnosis mengenai seberapa parah cedera Anda, dan bagaimana perawatannya agar lekas pulih.

Jika dokter menganjurkan Anda untuk istirahat, pastikan untuk benar-benar beristirahat. Karena banyak kasus yang terjadi, yakni tetap berlatih meskipun cedera lantaran ingin otot cepat besar dan takut kehilangan massa otot jika beristirahat, sehingga kondisi semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *