Minuman Panas Yang Menyehatkan Tubuh di Musim Dingin

Musim dingin telah tiba dan Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya di musim penghujan awal tahun ini, Anda akan lebih mudah terserang penyakit, seperti flu dan gangguan tubuh lainnya yang mengganggu aktivitas keseharian Anda. Selain itu karena udara yang dingin Anda akan malas untuk minum. Pada akhirnya tubuh akan mengalami dehidrasi.

Salah satu cara agar kesehatan Anda tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang mampu meningkatkan antibodi Anda. Selain itu Anda dituntut untuk tetap minum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi. Di suhu yang lebih dingin dari biasanya, Anda pasti lebih tertarik untuk menikmati sesuatu yang hangat untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.

Nah kali ini Reps akan membagikan informasi seputar macam-macam minuman hangat sehat yang cocok dikonsumsi saat musim penghujan seperti sekarang ini. Tidak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa yang lezat. Minuman ini mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyehatkannya. Tidak lupa minuman-minuman ini juga mampu menghidrasi tubuh selama musim dingin.

Berikut minuman panas yang sehat untuk Anda konsumsi saat udara dingin.

Teh Putih (White Tea)

Teh bukanlah minuman baru yang dikenal masyarakat. Bahkan konsumsi teh telah ada sejak zaman ke Kaisaran Jepang. Dari sekian banyak teh, Anda bisa mengkonsumsi teh sehat dari pucuk muda tanaman Camellia Sinesis yang dikeringkan tanpa terkena langsung sinar matahari. Teh ini disebut teh putih atau white tea. Karena prosesnya yang tidak langsung terkena sinar matahari, teh putih memiliki antioksidan super yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, para peneliti meneliti kebiasaan asupan makan dan minum lebih dari 6.000 orang dalam 3 tahun dan menemukan ada hubungan terbalik antara konsumsi teh dan gejala sindrom metabolik. Untuk itu dengan mengkonsumsi teh putih yang mengandung EGCG dapat menjaga tekanan darah dan tingkat glukosa dalam tingkatan normal.

Ketika diseduh, teh putih menghasilkan cita rasa harum dan manis, berbeda dengan teh hijau yang justru dominan dengan rasa daunnya. Untuk kualitas yang lebih baik, pilih teh putih yang tidak dimasukkan ke dalam kantong teh. Teh putih sebaiknya dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas, namun bukan air mendidih. Menyeduh dengan air mendidih dapat mengurangi cita rasa dan kandungan teh putih. Cara lainnya adalah dengan menyimpan daun teh putih yang sudah direndam diair dingin dalam lemari es, dan memanaskannya jika perlu.

Rooibos (Teh Merah)

Rooibos berasal dari tanaman Asalathus Linearis, yakni semak asal Afrika Selatan. Minuman yang biasa disebut teh merah ini sudah ada sejak berabad-abad lamanya. Rooibos telah banyak diteliti, salah satunya menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada rooibos yang melimpah memiliki dampak positif pada kesehatan tulang, juga membatasi pertumbuhan lemak dalam tubuh. Rooibos juga dipercaya dapat menanggulangi masalah pencernaan seperti diare dan mual.

Rooibos memiliki cita rasa yang manis tanpa rasa pahit dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Selain itu Rooibos tidak mengandung kafein seperti teh lainnya, sehingga aman di konsumsi sebelum tidur.

Air Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang mudah ditemui di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Rempah-rempah ini sudah digunakan untuk menanggulangi beberapa masalah pencernaan dan juga sebagai penghangat tubuh. Jahe juga merupakan salah satu antioksidan, termasuk gingerol yang mengandung anti-inflamasi yang kuat dan sangat baik untuk otot.

Selain antioksidan dan efek inflamasi, jahe juga mampu menjaga nafsu makan Anda sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian yang tercatat dalam Journal Metabolism menemukan bahwa 2 gram jaheĀ  per-hari dapat membantu untuk menjaga nafsu makan Anda. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan konfirmasi temuan ini.

Untuk menikmati jahe sebagai minuman di musim dingin adalah dengan mencampurkan potongan jahe kedalam teh Anda. Anda juga bisa menambahkan jus lemon atau akar kunyit segar untuk menambah cita rasa. Pilihan lainnya Anda bisa lebih dulu memanggang jahe untuk menambah cita rasa dan melepaskan senyawa sehat di dalamnya. Atau dengan menyimpan jahe dalam freezer kemudian setiap diperlukan Anda tinggal memarutnya untuk membuat minuman jahe.

Yerba Mate

Jika Anda ingin stimulan semacam kopi namun tidak menyukai cita rasa kopi, yerba mate adalah pilihan yang baik. Teh dengan kadar kafein tinggi ini berasal dari semak-semak Amerika Selatan. Minuman ini banyak dijumpai di daerah Brazil, Paraguay dan sekitarnya. Kandungan kafein yerba mate setara dengan kandungan kafein yang ada pada kopi dan cokelat. Selain itu yerba mate juga mengandung teofilin dan teobromin di dalamnya.

Minuman yang biasa disajikan panas dengan cita rasa daun ini terbukti mengandung beberapa mineral, diantaranya mangan, besi, seng, tembaga, asam chlorogenic serta phytochemical yang juga ditemukan dalam kopi dan memiliki dampak positif pada pengendalian berat badan. Maka dari itu mengkonsumsi yerba mate sebelum latihan saat musim dingin adalah pilihan yang tepat.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengkonsumsi yerba mate sebelum latihan dapat meningkatkan oksidasi lemak selama Anda berlatih.

Coklat Panas

Di dunia ini semua orang suka coklat. Maka menikmati coklat panas saat cuaca dingin adalah salah satu cara favorit orang-orang diseluruh dunia. Tidak hanya lezat, coklat panas juga memiliki manfaat kesehatan bagi Anda yang mengkonsumsinya. Namun sebaiknya Anda memilih coklat alami yang berlabel mentah dengan kandungan gula yang sedikit. Karena kebanyakan coklat bubuk yang mudah ditemui di pasaran mengandung banyak gula.

Para peneliti di Cornell University menemukan bahwa secangkir air panas yang di campur dengan 2 sendok makan coklat bubuk memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari pada kantong teh hijau yang direndam dalam air panas dan juga red wine. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan dalam coklat yang disebut epicatechin dapat menguragi resiko serangan jantung koroner pada pria berusia lanjut.

Untuk penyajiannya, Anda bisa menambahkan secangkir susu pada coklat panas Anda. Namun sebaiknya tidak menambahkan susu sapi, karena protein dalam susu sapi dapat mengurangi penyerapan antioksidan yang ditemukan pada coklat dan juga teh.

Jadi mau minuman sehat yang mana hari ini? (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *