Mitos seputar telur

 

Murah, bergizi dan mudah dimasak. Telur merupakan salah satu opsi protein termurah bagi para fitness mania. Sejumlah kandungan nutrisi terdapat di dalamnya seperti protein, vitamin A, D, B12. Namun tak jarang banyak mitos seputar telur yang beredar di kalangan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa mitos paling umum yang sering terdengar di masyarakat.

Makan terlalu banyak telur akan meningkatkan kolesterol Anda

Salah. Ini adalah mitos yang sangat umum. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur dapat meningkatkan kolesterol, tetapi meningkatkan ‘kolesterol baik’ (HDL) yang berkontribusi untuk mengurangi ‘kolesterol jahat’ (LDL). Oleh karena itu secara keseluruhan, tidak perlu khawatir tentang efek telur terhadap kolesterol Anda ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang (satu hingga dua telur per hari).

Telur meningkatkan Penglihatan

Benar. Telur adalah sumber vitamin A yang memainkan peran kunci untuk penglihatan. Kuning telur mengandung antioksidan yang disebut lutein yang berkontribusi terhadap penglihatan yang sehat.

Jangan makan terlalu banyak kuning telur

Salah. menurut sebuah penelitian, kuning telur mengandung lutein yang dipercaya dapat mencegah perkembangan penyakit jantung. Selain itu, jangan lupakan kandungan proteinnya. Protein dalam kuning telur bahkan berjumlah hampir setengah dari jumlah protein di dalam satu butir telur.

Walau sebagian besar lemak telur tersimpan pada bagian kuningnya, namun sebagian lemak tersebut adalah lemak sehat omega-3.

Simpan telur di lemari es untuk mencegah keracunan makanan

Benar. Telur harus disimpan pada suhu di bawah 20 ° C. Hati-hati terhadap kontaminasi silang dan tidak disarankan untuk menyimpan telur rebus lebih dari 2 hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *