Nangka dengan berbagai manfaat

open-jackfruit-showing-bulbs

Oleh: Patricia P.P

Nangka adalah nama sejenis pohon yang juga mempunyai buah yang harum. Buah ini termasuk kedalam suku Moraceae; dengan nama ilmiah Artocarpus Heterophyllus. Diluar negeri istilah nangka terkenal dengan sebutan Jackfruit.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan

: Plantae

Divisi

: Magnoliophyta

Kelas

: Magnoliopsida

Ordo

: Rosales

Famili

: Moraceae

Genus

: Artocarpus

Spesies

: A. Heterophyllus

45

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada juga yang tingginya mencapai 30 m. Batang nangka silindris, dengan garis tengah sekitar 1 M. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih yang pekat apabila dilukai.

Buahnya berbentuk gelondong memanjang bahkan juga tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, dan pada sisi luar membentuk duri pendek. Daging buahnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak dan juga beraroma harum manis yang keras, terkadang berisi cairan yang manis.

Biji berbentuk bulat lonjong panjang 2-4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis seperti kulit dengan warna coklat, keras keputihan pada endocarp dan juga memiliki eksocarp yang lunak dengan keping biji yang tidak setangkup.

Daunnya tunggal dan bertangkai 1-4 cm, agak tebal seperti layaknya kulit, kaku, bertepi rata yang memanjang 3,5-12 x 5-25 Cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit dan ujung pendek runcing. Daun penumpu bulat telur lancip dengan panjang sampai 8 cm, yang mudah rontok serta meninggalkan bekas serupa dengan cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu atau terkenal dengan nama monoecious, dengan bunga yang muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga nangka disebut babal dan akan menghitam semasa masih diatas pohon, sebelum akhirnya akan terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris dan berwarna hijau tua sedangkan bunga jantan berbentuk gelondong 1-3 X 3,8 cm dengan cincin berdaging sangat jelas di pangkal bongkol, dan juga berwarna sama hijau tua dengan serbuk sari yang berwarna kekuningan. Itu yang akan mengeluarkan aroma harum jika masak.

Jackfruit

Ekologi

Nangka tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan lintang 25 derajat, bahkan nangka juga tumbuh hingga lintang 30 derajat. Tanaman ini juga menyukai wilayah dengan curah hujan lebih dari 1500 mm per tahun dimana musim keringnya tidak terlalu keras. Pada udara dingin nangka kurang beradaptasi. Pohon nangka berasal dari biji, mulai berbunga pada umur 2-8 tahun. Di tempat yang cocok nangka dapat berbuah sepanjang tahun. Di Thailand dan di India panen nangka terjadi antara bulan Januari-Agustus sedangkan untuk di Malaysia panen pada bulan April-Agustus ataupun juga pada bulan September-Desember. Jika dilihat dari penyebarannya berasal dari India, dimana jenis-jenis liarnya masih banyak didapati tersebar disana. Tidak hanya sampai disitu saja sekarang nangka juga tersebar sampai di Asia tenggara.

Jenis Nangka

Buah nangka banyak jenisnya, baik dilihat dari perawakan pohon dan bagian tanamannya, rasa dan sifat buahnya. Dari segi sifatnya buah nangka ada dua kelompok yakni:

  • Nangka bubur, biasanya terdapat di Indonesia dan Malaysia, untuk di Thailand disebut sebagai Khanun Lamoud, Vela di Srilangka sedangkan di India Selatan terkenal dengan sebutan Khoozha Chakka, dimana daging buah tipis, berserat, lunak, dengan rasa asam manis dan juga berbau harum yang sangat menyengat.
  • Nangka salak, terdapat di Indonesia untuk di Malaysia bernama nangka belulang, sedangkan di Thailand Khanun nang, Veraka di Srilangka, Khooza Pusham di India Selatan dengan klasifikasi daging buah yang tebal, keras, mengeripik, dengan rasa manis sedikit agak pahit dan juga tidak begitu harum.

Nangka juga dapat dikawinkan silang dengan cempedak secara alamiah. Hasil silangnya dinamai nangka cempedak.

Manfaat buah nangka

Nangka yang dipanennya adalah daging buahnya yang matang, dan dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan segar apalagi jika dicampur es ataupun di jus, ataupun nangka juga dapat diolah menjadi dodol nangka, selai nangka, kolak, nangka yang digoreng tepung ataupun juga dapat dijadikan kripik nangka, dan masih banyak lagi kegunaannya.

BabyJackfruitOpen

Nangka sendiri juga dapat dijadikan pengharum minuman ataupun pengharum es krim, selain itu dijadikan madu atau tepung. Biji nangka sendiri dikenal sebagai beton dimana bijinya dapat dimakan sebagai sumber karbohidrat. Selain itu buah nangka juga dapat dijadikan sayuran seperti sayur asam, lodeh, gudeg, sayur megena dan bahkan dapat dijadikan sebagai bahan rujak.

Tidak hanya buahnya saja akan tetapi daunnya juga bermanfaat untuk ternak, selain itu kulit batangnya yang dapat dijadikan bahan tali yang dapat dijadikan sebagai bahan pakaian. Sedangkan getahnya sendiridigunakan sebagai campuran untuk membuat perangkap burung dan juga dapat digunakan sebagai penambal perahu yang bocor.

Kayu nangka sendiri cukup kuat, awet dan tahan terahdap serangan rayap serta anti jamur, karena memiliki pola yang menarik seringkali kayu nangka dapat dijadikan mebel, konstruksi rumah, kapal sampai kealat musik. Kayu nangka berwarna kuning yang menghasilkan pewarna yang dapat digunakan untuk mewarnai jubah para pendeta Budha. Itulah segudang manfaat dari buah nangka. Ternyata buah nangka sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. (PTY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.