Pedoman Tetap Aman di Masa ‘The New Normal’

Beberapa bulan lalu masyarakat masih dituntut untuk membatasi diri beraktivitas di luar rumah. Namun karena merosotnya berbagai sektor, termasuk ekonomi, pemerintah akhirnya memilih menerapkan The New Normal, dimana masyarakat diharuskan bisa beradaptasi dan hidup berdampingan dengan virus.

Kelihatannya sederhana, namun nyatanya perubahan kebiasaan hidup ini tidaklah mudah. Masyarakat perlu menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan lama, seperti social distancing, hingga pemakaian APD berupa masker dan sarung tangan.

Untuk tetap aman saat kebijakan baru ini diberlakukan, berikut hal yang harus Anda lakukan:

Gunakanlah masker

Dalam masa pandemi corona, menggunakan masker menjadi sesuatu yang wajib. Bahkan belakangan ini aturan tersebut telah dibuat oleh Pemerintah untuk dipatuhi demi keselamatan. Sebaik-baiknya aturan ini ditegakkan berdasarkan motivasi bukan menerapkan denda bila tidak dipatuhi.

Menggunakan masker diketahui dapat meminimalisir penularan virus terutama saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

Batasi interaksi sosial di ruang publik

Ketika The New Normal berlangsung, kegiatan di tempat umum, seperti sekolah, tempat kerja, tempat perbelanjaan, hingga sarana transportasi akan dibuka kembali.

Namun untuk menghindari penularan virus, Anda perlu membatasi interaksi sosial dan mengikuti aturan yang diterapkan di setiap tempat.

Baca juga: The new normal, Hal yang harus dilakukan saat latihan di gym

Negara-negara maju saat ini sedang memikirkan bagaimana penerapan kebijakan ini akan membawa perubahan dalam tatanan kota atau tidak.

Membiasakan hidup bersih

Membiasakan hidup bersih juga akan menjadi hal yang wajib dilakukan untuk bertahan hidup di masa The New Normal. Mencuci tangan setiap memulai dan selesai beraktivitas, menggunakan masker, membersihkan bagian rumah yang tersentuh banyak orang, hingga mengganti pakaian setelah bepergian ke ruang publik.

Menjaga kebersihan di masa pandemi corona bukan hanya untuk kesehatan semata, namun juga sebagai bentuk cara bertahan hidup.

Penutup

Meski The New Normal akan diberlakukan, bukan berarti Anda bebas melakukan kegiatan seperti hari-hari sebelum pandemi. Dengan dilonggarkannya aturan pembatasan sosial oleh pemerintah, masyarakat diharapkan untuk lebih bijak dalam melakukan aktivitas, baik sosial maupun untuk kepentingan diri sendiri. (Ayu)

Referensi:
Balancing a ‘new normal’ while keeping Covid-19 in check

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *