Penyebab Lemahnya Sistem Imun

Berbicara soal virus COVID-19 yang kini sedang mewabah di berbagai belahan dunia, tentu banyak orang yang berusaha melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh. Karena jika sistem imun lemah, virus dan bakteri akan mudah menyerang tubuh.

Selain makan makanan yang sehat serta rutin berolahraga, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi seputar hal-hal yang dapat memperkuat sistem imun. Namun kali ini Reps akan membagikan kepada Anda, hal-hal apa saja yang dapat melemahkan sistem imun. Simak poin-poin pentingnya berikut ini:

1. Stres intens

Nyatanya stres juga dapat mempengaruhi lemahnya sistem kekebalan tubuh. Terutama stres kronis atau stres jangka panjang yang diakibatkan oleh berbagai hal, misalnya tanggung jawab harian, tekanan hidup, dan lain-lain.

Penelitian oleh National Cancer Institute telah menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres intens dapat memiliki masalah pencernaan, masalah kesuburan, masalah kemih, dan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Untuk mencegah terjadinya stres berkepanjangan, mulailah untuk memanajemen stres dengan mengikuti olahraga yoga, membuat skala prioritas, dan mintalah dukungan dari orang di sekitar Anda.

2. Gaya hidup yang tidak aktif

Gaya hidup kaum milenial yang kini serba mudah dan praktis, membuat banyak orang menganut gaya hidup tidak aktif. Hal ini ternyata juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi dalam American Journal of Preventive Medichine pada Januari 2012 menemukan bahwa, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan kebiasaan hidup (seperti merokok), gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Hal ini disebabkan karena gaya hidup tidak aktif dapat menyebabkan gangguan sistem imun, peradangan, dan penyakit kronis lainnya.

Untuk itu, cobalah untuk berolahraga secara teratur dengan durasi yang efektif, yakni 30 menit setiap sesinya.

3. Terlalu banyak berolahraga

Meski disarankan untuk melakukan gaya hidup aktif dan berolahraga, nyatanya jika dilakukan terlalu berlebihan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini disebut dengan sindrom overtraining dimana sistem imun terganggu, sehingga tubuh rentan mengalami infeksi.

4. Paparan nikotin

Rokok adalah gaya hidup yang sulit dihilangkan. Baik rokok tradisional atau rokok elektrik, keduanya memiliki efek yang buruk terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Mengapa?

Nikotin dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, membuat pembentukan antibodi sel B berkurang, serta mengurangi respon sel T terhadap antigen.

Uap dari rokok elektrik juga dapat merusak paru-paru dan membuatnya lebih mudah terkena infeksi. Salah satunya virus COVID-19 yang sedang mewabah saat ini.

5. Radiasi sinar UV

Meningkatnya tingkat polusi udara membuat lapisan ozon menipis, sehingga radiasi sinar UV meningkat. Hal ini dapat menyebabkan tingginya kanker kulit, katarak, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Organisasi kesehatan dunia, WHO bahkan telah memberi peringatan bahwa paparan radiasi UV tingkat tinggi dapat mengubah aktivitas dan distribusi beberapa sel yang bertanggung jawab untuk memicu respons terhadap kekebalan tubuh manusia. Akibatnya risiko infeksi virus, parasit, jamur, hingga bakteri akan lebih besar.

6. Pola makan yang salah

Makanan instan dan siap saji memang lebih diminati dibandingkan makan sehat. Padahal kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat menyebabkan obesitas dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa kondisi obesitas dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan obesitas dapat mengurangi jumlah sel darah putih yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Untuk itu, sangat penting untuk konsumsi makanan yang sehat dan mulai mengatur pola makan yang lebih baik guna menjaga berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Nyatanya beberapa kebiasaan sehari-hari, tanpa Anda sadari juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu mulai rubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

Hindari rokok dan alkohol, serta makanan yang tidak sehat agar kekebalan tubuh terjaga optimal. Kurangi stres dengan kegiatan yang membuat Anda merasa lebih sehat dan bahagia. Jangan lupa untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap fit meskipun Pemerintah menghimbau Anda untuk beraktivitas di rumah selama pandemi. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *