Poin-Poin Penting Persiapan Kompetisi Binaraga

Saat mengikuti kompetisi binaraga, kebanyakan para pemula masih bingung apa saja poin penting yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan diri.

Tidak sekedar latihan dan diet saja, untuk menjadi juara Anda perlu persiapan yang matang. Dengan persiapan yang tepat akan memberikan hasil terbaik untuk performa Anda di atas panggung. Berikut poin-poin penting persiapan kompetisi binaraga yang harus Anda ketahui.

Carilah pelatih untuk Anda

Sebaik apapun diri Anda di gym, Anda membutuhkan seorang pelatih yang membantu Anda mengatur segala keperluan dan aktivitas Anda sebelum pertandingan, seperti jadwal latihan, pengaturan nutrisi, suplementasi, hingga cara posing dan tanning. Carilah pelatih yang berpengalaman untuk memandu Anda mencapai kemenangan Anda.

Buatlah jadwal pertandingan yang akan Anda ikuti

Kebanyakan orang mencoba untuk selalu dalam kondisi kering atau siap sepanjang tahun. Padahal ini dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Cara yang paling baik adalah dengan memilih kompetisi yang akan Anda ikuti setahun sebelumnya, dan mulai mempersiapkannya tidak lebih dari 20 minggu sejak tanggal pertunjukan. Biarkan tubuh memiliki waktu untuk tumbuh dengan sistem cutting-bulking.

Buatlah pengaturan nutrisi

Selain menggempur otot di gym, hal penting lainnya adalah memperhatikan kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang tepat akan membuat performa tubuh menjadi lebih baik. Pastikan kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dengan benar.

Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat meminta bantuan pada ahli nutrisi untuk merancang kebutuhan nutrisi dari waktu ke waktu hingga hari pertandingan.

Berlatih posing

Selain latihan dan diet, bagi Anda yang pemula jangan lupa untuk mempelajari pose untuk penilaian di atas panggung. Ini sangat penting karena ketika Anda salah mengunci otot Anda saat berpose, performa otot Anda tidak akan terlihat oleh juri sehingga mengurangi penilaian.

Anda dapat mempelajari pose sesuai dengan kelas yang Anda ambil. Saat ini sudah banyak tutorial foto dan video pose binaraga dan men fitness yang dapat Anda akses dengan mudah melalui internet.

Baca juga: 7 pose wajib binaraga dan 4 pose wajib body fitness.

Gunakan tanning yang tepat

Beberapa kompetisi melarang pesertanya untuk menggunakan tanning saat pertandingan, tetapi untuk pertandingan binaraga biasanya penggunaan tanning sangat dianjurkan untuk menonjolkan serat otot.

Namun penggunaan tanning yang tidak tepat justru dapat menutupi serat otot dan mengurangi estetika tubuh. Untuk itu jangan lupa untuk menggunakan tanning yang tepat sebelum naik ke panggung kompetisi.

Kuasai panggung

Meski banyak yang menganggap ini tidak perlu, mengetahui panggung dimana Anda akan melakukan kompetisi dapat membantu Anda meningkatkan penampilan. Anda dapat menentukan gambaran saat Anda berlaga di atas panggung nantinya.

Belajar dari kesalahan

Anda mungkin tidak akan mendapatkan peringkat teratas saat awal-awal Anda mengikuti pertandingan. Perlu beberapa kali percobaan sebelum Anda mengetahui apa yang masih kurang dan harus Anda kejar selanjutnya.

Ini adalah wajar karena olahraga binaraga adalah proses pengembangan diri. Semakin Anda tekun berlatih dan menikmati prosesnya, performa tubuh Anda akan semakin baik. Jangan menyerah dan terus coba hingga Anda berada di puncak.

(Ayu/Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *