Push up & squat training

push-up-1

Oleh : Henri Hendarto

Latihan PUSH-UP adalah metode latihan untuk melatih 70% otot dada, 15% otot bahu & 15% otot lengan bawah dengan teknik tubuh bagaikan papan yang disangah oleh kedua lengan lalu melakukan gerakan naik-turun serta menjaga posisi lengan membentuk sudut siku stabil 90 derajat dengan menggunakan berat tubuh kita sendiri, tanpa beban tambahan.

speed_squat

Latihan SQUAT adalah metode latihan untuk melatih otot pangkal paha dengan teknik jongkok & berdiri serta menjaga posisi kaki membentuk sudut siku stabil 90 derajat menggunakan berat tubuh kita sendiri, tanpa beban tambahan.  Bila di padu padankan, latihan PUSH-UP & SQUAT merupakan jenis Resistance Exercise yg tergolong murah & mudah dilakukan dimanapun serta kapanpun, karena tidak memerlukan peralatan apapun.

Latihan PUSH-UP & SQUAT  dapat menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaat utamanya adalah dapat meningkatkan kadar testosteron alami dalam tubuh serta meningkatkan ketahanan otot tubuh (muscle strengthening) maupun meningkatkan daya tahan otot jantung (muscle endurance).  Karena kadar testosteron tinggi, sehingga erat kaitannya dengan kemampuan seksual yang bagus. Memiliki otot yang kencang & tulang yang kuat serta peluang untuk panjang umur.

burpees

Sementara rendahnya tingkat atau kadar testosteron, erat kaitannya dengtan osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan peningkatan lemak viseral (lemak yang tidak terlihat tetapi mengelilingi organ vital), baik pada pria dan wanita. Salah satu study juga membuktikkan bahwa korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral, yaitu lemak yang menumpuk di dalam dan sekitar organ vital di dekat pinggang.(da/hh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.