Remehkan Kesemutan, Ini Akibatnya

 

Pernahkah Reps Mania merasakan kesemutan usai duduk bersila dalam waktu lama? Tahukah Anda bahwa terjadinya gejala ini beragam, ada yang bersifat sementara dan berkepanjangan.

Adapun penyebab kesemutan sementara lantaran adanya anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu yang lama, hal tersebut membuat pasokan darah pada daerah tersebut terhambat sehingga merasakan kesemutan pada daerah kaki atau kesemutan pada tangan karena tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Untuk menghilangkan rasa kesemutan tersebut Anda cukup dengan melonggarkan area tersebut agar darah dapat mengalir dengan leluasa.

Dilansir dari alodokter, Selain tekanan, penyebab kesemutan sementara bisa disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu kondisi pada saat Anda bernapas terlalu cepat.

Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini khususnya menyerang saat penderita sedang stres, gelisah, atau berada di ruangan bersuhu dingin.

Sedangkan kesemutan berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh seperti penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis dan kompresi saraf lunar.

Kami sarankan untuk tidak menganggap remeh kesemutan. Saran Kami adalah untuk konsultasikan hal tersebut kepada pihak berkompetensi seperti dokter. Beberapa tes mungkin akan dijalani, seperti tes darah, tes elektromiogram, pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, tes MRI dan biopsi saraf.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *