Sehat dengan madu dan kayu manis

Kesehatan adalah hal yang mahal harganya. Untuk itu perlu dijaga sebaik-baiknya. Banyak cara agar tubuh tetap sehat dan bugar, diantaranya berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, hingga vitamin.

Namun dewasa ini vitamin yang tersedia di pasaran saat ini sudah mengandung bahan kimia sehingga tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Mungkin Anda sering mendengar manfaat dari madu, juga kayu manis. Lantas bagaimana jika keduanya digabungkan? Kali ini Reps akan membahas manfaat dari kayu manis yang dicampurkan dengan madu untuk kesehatan tubuh.

Anti Bakteri

Krim perawatan tubuh saat ini memang mahal dan mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kulit. Alternatifnya adalah dengan membuat krim anti-bakteri alami dengan menggunakan madu dan kayu manis. Madu dikenal sebagai anti bakteri alami, anti-inflamasi, juga efektif mengobati beberapa kondisi internal tubuh. Kayu manis juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga saat digabungkan, Anda bisa menggunakan krim tersebut untuk perawatan kulit sekaligus mengobati beberapa penyakit kulit, diantaranya; luka, memar hingga luka bakar.

Kesehatan jantung

Selain sebagai krim yang merawat kulit, campuran kayu manis dan madu memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Caranya  adalah degan mencampurkan madu serta kayu manis ke dalam air hangat, kemudian diminum secara rutin. Larutan ini membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa ada efek samping.

Mencegah kerusakan gigi

Anda mengalami masalah gigi? Jangan khawatir. Anda dapat menggunakan kayu manis dan madu sebagai pengobatan alami. Kandungan anti-mikroba yang ada dalam madu dilansir dapat membantu mencegah kerusakan gigi ketika digunakan. Anda bisa menggunakannya pada daerah-daerah gigi yang rusak untuk lebih meningkatkan keehatan mulut.

Meningkatkan daya ingat

Apakah Anda memiliki kelemahan dalam menghafal? Madu dan kayu manis juga dapat membantu Anda pada masalah ini. Kayu manis dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan membantu dengan retensi memori. Sementara madu dapat mencegah radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko kanker dan dikaitkan dengan meningkatkan memori. Jika Anda mengalami kehilangan memori otak ringan atau keulitan mengingat cobalah campuran madu dan kayu manis untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Perawatan kulit berjerawat

Kulit berjerawat? Jangan gunakan krim yang belum tentu aman untuk kulitmu. Kamu bisa menggunakan madu dan kayu manis sebagai bahan alami untuk merawat kulit berjerawat. Anti-peradangan dan komponen anti-mikroba yang ditemukan dalam madu dan kayu manis dapat membantu melawan noda bekas jerawat secara alami sehingga kulit terlihat halus.

Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat lain dari campuran madu dan kayu manis adalah membantu menurunkan berat badan. Namun bukan berarti Anda tidak mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh. Anda harus tetap mengimbanginya dengan makanan sehat.

Berikut cara mengkonsumsi madu dan kayu manis untuk kesehatan.

Konsumsi di pagi hari:

Konsumsilah kayu manis dan madu di pagi hari. Caranya dengan mencampurkan ½ sdt madu dan kayu manis kedalam air hangat. Larutan ini dikonsumsi pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan. Kombinasi madu dan kayu manis membantu meningkatkan metabolisme, mendorong pembakaran kalori dan menjaga nafsu makan sehingga mencegah Anda ngemil di pagi hari.

Konsumsi diantara waktu makan:

Kayu manis adalah rempah alami yang dikenal mampu membantu menekan nafsu makan. Sehingga saat Anda mengkonsumsinya, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Ditambah dengan madu yang dapat menjadi sumber tenaga yang baik untuk tubuh selama beraktivitas sehari-hari. Selain itu kayu manis juga terbukti mengurangi kadar gula darah dan membuat Anda tetap fokus selama bekerja. Khususnya setelah makan siang sebagai pengganti camilan tidak sehat.

Konsumsi sebelum latihan

Mengkonsumsi larutan kayu manis dan madu sebelum latihan dapat membantu memberikan dorongan energi selama latihan. Gula alami dalam madu dapat meningkatkan energi, sementara kayu manis dapat memperkuat Anda selama latihan.

Konsumsi sebelum tidur

Anda sering terbangun ditengah malam lantaran merasa lapar? Jangan konsumsi makanan yang tidak sehat. Dengan mengkonsumsi larutan kayu manis, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan kualitas tidur Anda menjadi baik. (Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.