Side Plank & Finger to Heel Oblique

7521a7432d850c82d27dc3b49b96c5d6

Hampir semua orang di dunia ingin memiliki perut yang sixpack, merekapun melatih otot perut dengan mati-matian untuk mendapatkan itu semua. Selain otot-otot abominal baik bagian atas maupun bawah, tentunya otot yang harus kita latih juga adalah bagian oblique. Hhmm… seperti apa teknik yang efek yang efektif?

Otot oblique merupakan bagian yang agak susah untuk dibentuk. Selain dengan menjalankan program latihan secara konsisten, harus juga diimbangi dengan diet yang bersih untuk mendapatkan otot oblique yang kering dan menawan. Selain itu otot oblique termasuk otot yang terbilang susah-susah gampang untuk dilatih, karena otot ini sedikit berbeda dengan otot perut yang lain.

muscle oblique

Karenanya, dalam melatih otot oblique tidak boleh menggunakan beban yang berat. Sebab malah akan menjadikan otot pinggang Anda menjadi lebih berotot, bukan mengeringkan. Oleh karena itu dalam melatih otot oblique sangat dianjurkan menggunakan berat badan sendiri dan dilakukan dengan memperbanyak reps dalam setiap setnya.

Berikut ini adalah sebuah program latihan yang dirancang untuk melatih otot oblique Anda. Latihan ini dapat dilakukan dimana saja baik di rumah maupun di gym, dan dapat pula dilakukan oleh siapa saja. Perhatikan eksekusinya!

Side Plank

webmd_photo_of_plank

>> Berbaringlah disebuah lantai, dengan posisi badan menyamping dan tangan menopang pada lantai, sementara tangan yang satu lagi memegang kepala. Usahakan punggung Anda dalam keadaan lurus. Pada posisi ini usahakan agar semua otot perut dikonstraksikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. [A]

>> Turunkan tangan yang berada diatas kepala Anda hingga menyentuh lantai, tetap knstraksikan otot perut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada posisi ini rasakan penarikan pada otot oblique Anda, dan lakukan gerakan ini secara perlahan [B]. Kemudian kembali ke posisi semula, lakukan hingga mencapai satu set. Kemudian lanjutkan pada bagian otot perut berikutnya.

Lakukan 3 X 20 – 30 Reps.

Finger To Heel Oblique Touch

heel-touch

>> Berbaringlah di lantai dengan posisi badan seperti hendak melakukan crunch, tetapi tangan berada disamping badan Anda. Berbaring dengan santai dan angkat sedikit kepala Anda.

lying-heel-touches-1110x400

>> Kemudian gerakkan tangan Anda ke arah samping hingga menyentuh mata kaki, posisi kepala tetap sedikit diangkat. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan rasakan tekanan pada otot oblique. Atur nafas Anda, sedot nafas pada posisi berbaring dan buang nafas pada saat Anda menyentuh mata kaki [B]. Kemudian kembali keposisi awal dan lakukan pada otot oblique yang berikutnya (Kanan/Kiri).

Lakukan 3 X 20 – 30 Reps.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *