Sigap Atasi Cedera Dengan Metode PRICE

Dalam berolahraga, cedera adalah resiko yang pasti terjadi, namun bisa dicegah dan dihindari. Tetapi terkadang meskipun sudah berhati-hati, kita kerap mengalaminya. Kali ini Reps akan membahas mengenai metode PRICE (Protection, Rest, Ice, Compression, Elevation), yakni 5 langkah untuk melakukan pertolongan pertama pada cedera.

Metode ini dibuat untuk mempermudah penanganan cedera tanpa harus terlebih dahulu menunggu tim medis. Anda yang tidak terlatih juga bisa menggunakan metode ini untuk menangani cedera pada orang-orang disekitar Anda. Namun bila cedera dirasa terlalu parah, sebaiknya Anda segera membawanya ke Rumah Sakit.

Berikut 5 langkah metode PRICE untuk menanggulangi cedera.

P untuk Protection

Protection atau perlindungan adalah dengan melindungi pasien yang sedang terluka. Salah satunya, jika saat itu Anda sedang berada di lapangan olahraga, sebaiknya Anda menghentikan permainan atau membawa pasien yang terluka dari area yang cukup rentan. Bila pasien bisa berjalan, Anda bisa memapahnya atau membawanya dengan tandu.

R untuk Rest

Rest atau istirahat yakni berhenti melakukan aktivitas untuk masa penyembuhan. Kebanyakan orang memberanikan diri tetap melakukan aktivitas olahraga dengan memaksakan diri. Hal tersebut justru malah akan memperparah cedera yang harusnya sudah sembuh lebih cepat bukan. Untuk itu Anda harus benar-benar beristirahat sementara waktu karena cedera kecil sekalipun butuh waktu untuk rehabilitasi.

I untuk Ice

Ice atau es memang sangat baik untuk menanggulangi cedera. Es dapat menghentikan pendarahan yang terjadi saat Anda mengalami cedera yang Anda alami, serta mengurangi rasa sakit untuk sementara. Untuk menanggulangi cedera menggunakan es, Anda menggunakan ice pack atau dengan es batu yang dibungkus dengan kain.

C untuk Compression

Compression atau kompresi adalah membalut bagian tubuh yang mengalami cedera. Membalut daerah yang membengkak akan membantu mengurangi pembengkakan. Anda dapat melakukanya dengan menggunakan perban elastis seperti perban kohesif, perban perekat elastis atau tubular bandage.

E untuk Elevation

Elevation adalah mengangkat daerah yang luka sehingga berada diatas jantung. Tujuannya adalah mengurangi aliran darah ke area yang sedang mengalami cedera sehingga tidak terjadi pembengkakan. Namun pastikan pasien tetap nyaman dan tidak merasakan sakit berlebihan saat Anda melakukannya.

(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *