Straight arm pulldown latihan isolasi untuk punggung atas

Straight-arm-pulldowns-neveux

Sering dilupakan atau malah tidak banyak diketahui orang, latihan yang satu ini merupakan salah satu latihan yang salah kaprah bila diartikan sebagai latihan triceps atau malah bahu. Padahal latihan ini adalah latihan isolasi yang bagus untuk otot sayap Anda.. karena mengena langsung pada otot latissimus dorsi, teres major dan rhomboid.

Sebelum melakukan latihan ini, dahului dengan gerakan-gerakan latihan sayap lainnya, seperti pull-down, pull-up, atau rowing.

straight arm lat pulldown

Perhatikan eksekusinya:

  • Pegang alat pulldown cable atau alat cable tricep, tapi gantikan dengan bar panjang.
  • Berdiri didepan alat tersebut dengan membuka kedua kaki selebar bahu, dan kedua lengan juga selebar bahu. Genggam erat bar dengan kedua lengan lurus, telapak menggenggam bar menghadap ke bawah, dengan cengkraman over hand grip. [A]
  • Sedikit tekuk kedua lutut pada saat eksekusi.
  • Awal gerakan, biarkan kedua lengan sedikit diatas paralel dan tekan bar bersamaan ke bawah dengan kedua lengan, dan berhenti dengan bar hampir menyentuh paha Anda. [B]
  • Jaga punggung tetap stabil dan tidak bergerak ataupun berayun-ayun.
  • Kembalikan bar ke atas sampai sedikit lewat dari paralel (kira-kira didepan hidung Anda). TAPI.. jangan sampai beban bersandar pada stack alias kabel menjadi kendor, tetap jaga resistansi beban, jangan lepaskan beban.
  • Ulangi lagi sampai 12 repetisi, jika Anda bisa lebih dari 12, tambah bebannya ketika melakukan set berikutnya. Lakukan 3-4 set.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.