Teknik cepat serta latihan tepat bertanding panco

4

Kebanyakan olahraga panco hanyalah dianggap sebagai suatu pertandingan yang mengedepankan kekuatan lengan saja. Sehingga sering timbul beranggapan bahwa siapa saja yang dapat mengalahkan pancho dialah orang yang terkuat.

Namun perlu diketahui pula, bahwa panco tidak selamanya sekadar mengedepankan kekuatan otot saja, melainkan teknik bertanding, serta teknik latihan pun sangat berperan penting dalam mengalahkan musuh berat sekalipun. Nah.. untuk mengetahui tips serta teknik jitu yang tepat saat mengalahkan lawan, marilah simak wawancara Reps bersama IVAN POPEYE selaku atlet panco berikut ini.

Dalam memulai pancho atau arm wrestling, perhatikanlah beberapa struktur teknik berikut ini, agar posisi Anda cukup aman dan nyaman saat melakukan nya:

1. Kaki kanan di depan, ketika tangan kanan yang akan mengeksekusi. Begitu juga dengan sebaliknya.

1

Hal ini berupaya, agar tubuh Anda mendapatkan keseimbangan dengan postur tubuh yang pas termasuk terhindar dari resiko cedera, seperti terkilir.

2. Gulung dan kunci ibu jari Anda.

2

Setelah  kedua tangan saling mengepal. Ini dilakukan agar mempermudah Anda di saat melakukan teknik top roll berikut mengunci cengkraman tangan lawan.

3. Dekatkan perut ke meja, begitu juga lengan dengan tubuh Anda.

3

Jika kaki kanan yang menginjak ke depan, maka perut bagian kanan beserta pinggul Anda dianjurkan menempel pinggir meja. Ini bertujuan untuk membantu Anda memperoleh pondasi pertahanan yang kokoh, serta perlawanan yang maksimal dengan memperbantukan otot bahu.

4. Tarik dan tekuk pergelangan lawan secepat mungkin.

4

Ketika terdengar aba-aba “mulai”, segeralah tarik dan tekuk pergelangan lawan ke arah Anda, lalu jatuhkanlah ditempat dimana Anda mengakhiri gerakan. Jika Anda tidak cepat atau telat saat mengeksekusi pergelangan lawan, pertahankan lengan Anda dengan cara meluruskannya serta memfokuskan tenaga pada genggaman tangan dan kekuatan lengan.

5. Menarik lawan ke sudut anda guna membuka pertahanan lengan lawan.

5

Bila kekuatan Anda mencukupi ataupun kesempatan “Start” berpihak pada Anda, secepat mungkin Anda menarik atau membanting lengan lawan ke arah sudut Anda. Sehingga otomatis lengan lawan akan melebar dan menyulitkannya untuk mengembalikan ke posisi semula ataupun harus berbalik posisi.

6. Gunakanlah salah satu teknik berikut, tergantung bagaimana situasi Anda:

6

  • Hook Teknik ini berguna jika kekuatan lengan Anda sepadan dengan lawan, baik kekuatan bicep ataupun keduanya. Yang mana lebih cenderung  pada unsur kekuatan. Prakteknya seperti menggulungkan/menekuk pergelangan lawan ke arah Anda, sehingga membuat pondasi pertahanan lawan menjadi terbuka. Kemudian untuk memyelesaikan, seret lengan lawan ke arah Anda dengan mendorongnya sekuat mungkin, lalu jatuhkan. Perlu digaris bawahi, segala kekuatan yang dilakukan pada teknik ini agar diprioritaskan pada kekuatan bicep serta dorongan otot bahu. Pertahankan kontak pergelangan tangan sepanjang pertandingan, sehingga kekuatan yang disampaikan akan lebih maksimal.

78

  • Top Roll – top roll umumnya lebih terfokus pada kekuatan perputaran tangan begitu juga dengan kecepatan Anda saat memulai gerakan. Ketika terdengar aba-aba “mulai”, maka tariklah tangan lawan sekuat-kuatnya dengan cara menekukanya keatas jempol Anda, sehingga posisi tangan lawan akan jauh dari tubuh mereka. Setelah kesempatan tersebut Anda dapatkan, jatuhkanlah pada tempat Anda mengakhiri gerakan.

Tips latihan untuk menghadapi pancho:

  • Dumbbell biceps curl with under-grip

REPS Agustus_201314

  • Dumbbell biceps curl with hammer grip

REPS Agustus2

  • Dumbbell wrist curl with under-grip

REPS Agustus3

  • Weight wrist curl with dumbbell hammer

REPS Agustus4

  • Pronator with load

REPS Agustus_

  • Frontal pressure

REPS Agustus

Letakan tangan Anda diatas bangku kecil serta atur grip cable crossover setinggi tangan Anda, lalu peganglah seolah-olah Anda akan melakukan panco. Tariklah grip cable crossover tersebut hingga posisi tangan bergerak 90 derajat dan kembali seperti semula. Lakukanlah dengan beban secara bertahap.

Selain dari beberapa teknik dan tips latihan di atas, rupanya ada satu hal yang tak patut untuk dilupakan. Yaitu pentingnya suplementasi sebelum dan sesudah latihan. Menurut Ivan Popeye atau pemilik nama asli Nurpan Efendi, “olahraga pancho memang berhubungan erat dengan unsur kekuatan otot dan tulang, pengonsumsian suplementasi yang berkaitan dengan protein, power dan kalsium benar-benar sangat diperlukan sekali dalam olahraga pancho. Percuma saja jika otot besar namun tulang nya rapuh”, ungkap pria yang telah menjuarai beberapa kejuaran pancho tingkat nasional.

Semoga topik pembicaraan kali ini, dapat menjadi sumber referensi Anda untuk bersaing dalam olahraga raga pancho. Dan yang terpenting adalah menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan fit berkat olahraga dan pola makan yang teratur. Selamat berlatih.

Text: Alfian Lutfi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *