The Power of Pull Up

1

Oleh: Ayyuni S.

Anda yang akrab dengan olahraga pembentukan otot pasti mengenal gerakan yang satu ini dengan baik. Yap, pull up adalah salah satu gerakan yang bertujuan untuk melatih otot bagian atas tubuh (upper body) yakni otot punggung dan biceps.

Semakin berkembangnya teknik dan gerakan olahraga, pull up-pun memiliki beberapa variasi, diantaranya;

Wide Grip Pull Up

2

Close Grip Pull Up

3

Underhand Grip Pull Up/Chin Up

4

Gorilla Chin/Crunch

 5

Keuntungan berlatih pull up

Gerakan Compound Latihan Tubuh Bagian Atas

Semua orang tahu bahwa latihan compound sangat penting karena dapat menargetkan beberapa kelompok otot serta memicu pelepasan hormon pertumbuhan. Pull up termasuk gerakan compound karena mengena pada beberapa kelompok otot. Jika Anda ingin memiliki V shape yang sempurna, Anda harus memasukkan pull up dalam daftar latihan Anda.

Meningkatkan Intensitas

Teratur meningkatkan intensitas latihan Anda adalah salah satu rahasia untuk membangun otot. Beberapa gerakan latihan mengharuskan Anda untuk meningkatkan intensitas untuk mendobrak batas kemampuan Anda untuk membuat otot Anda tidak terbiasa, namun tidak dengan pull up. Anda tidak perlu meningkatkan intensitas latihan, cukup dengan menambahkan beban ke tubuh.

Mudah dan dapat dilakukan dimana saja

7

Pull up adalah latihan yang mudah karena dapat dilakukan diberbagai tempat tampa alat yang sulit ditemukan. Yang Anda butuhkan hanya bar dan bahkan Anda bisa melakukan latihan pull up di kusen pintu.

Banyak variasi

Salah satu kelebihan dari pull up adalah memiliki banyak variasi latihan yang dapat Anda lakukan. Selain itu Anda juga tidak memerlukan tambahan alat untuk melakukan variasi lainnya.

Kekuatan pegangan/cengkraman

Selain melatih otot biceps dan punggung, pull up juga melatih kekuatan cengkaraman tangan.

Membakar lemak

6

Ternyata pull up juga mampu membakar lemak walaupun tidak sebanyak saat Anda melakukan treadmill atau skipping. Saat Anda melakukan pull up, jantung Anda akan berdetak lebih cepat. Jika Anda ingin membakar lemak lebih banyak saat melakukan pull up, Anda dapat mengurangi waktu istirahat antar set atau super set pull up Anda dengan latihan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *