Tips Aman Lakukan Gerakan Calisthenics

Oleh Fikry Hizbullah

Calisthenics adalah metode olahraga yang menggunakan berat tubuh praktisinya sendiri sebagai beban dalam setiap gerakannya. Olahraga ini dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun Anda mau. Tak ayal orang awam pun dapat melakukan gerakan ini. 

Namun perlu diperhatikan, jika dilakukan dengan teknik dan form yang salah maka akan berbahaya, bahkan berakibat pada cedera tubuh. Berikut ini ada beberapa tips dari Trainer APKI sekaligus ketua Street Workout Velodrome, Teuku Aufra Maretto mengenai cara yang aman saat melakukan gerakan calisthenics.

“Tips paling dasar agar aman melakukan calisthenic adalah jangan terlalu mendengarkan atau mengikuti ego, pelan-pelan saja. Fokus di gerakan-gerakan dasar terlebih dahulu sampai dirasa sudah cukup kuat untuk melakukan gerakan advanced”

Kemudian Aufra juga menambahkan untuk selalu melakukan setiap gerakan dengan form yang baik saat latihan. berlatih dengan form yang baik akan dapat menghindarkan seseorang dari resiko cedera.

“Kadang kita lihat ada orang yang bilang kalau dia bisa push up 100 kali non-stop, namun ketika di cek ternyata form-nya berantakan. Better quality than quantity,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *