Tips membentuk otot untuk Anda yang bertubuh kurus

Memiliki tubuh yang sangat kurus pasti membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Selain kurang bagus dipandang saat mengenakan pakaian bertangan pendek, memiliki tubuh yang terlalu kurus membuat Anda terlihat kurang fit saat beraktivitas. Bagaimana solusinya?

Latihan beban dan memanajemen nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk memperbaiki postur tubuh. Untuk itu Anda yang memiliki tipe tubuh ectomorph harus bekerja ekstra untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih berisi lantaran metabolisme yang bekerja lebih cepat sehingga susah menjadi gemuk.

Berikut tips membangun otot untuk Anda yang bertubuh kurus;

1. Pola latihan

Jangan latihan terlalu lama

Kebanyakan mindset mereka yang berlatih di gym adalah semakin lama berlatih, semakin cepat otot terbentuk. Mindset tersebut tentu tidak benar, khususnya untuk Anda yang bertubuh kurus dengan metabolisme yang cepat. Karena kadar lemak ditubuh Anda tidak terlalu banyak, Anda tidak perlu berlatih berlebihan seperti mereka yang bertubuh gemuk. Cukup dengan menstimulasi otot-otot agar terangsang untuk tumbuh. Berlatih terlalu lama di gym hanya akan membuat stres tubuh Anda dan waktu pemulihan akan berjalan lebih lama.

Full body workout

Bagi mereka yang bertubuh kurus disarankan untuk berlatih 3 kali dalam seminggu dengan program yang melatih keseluruhan tubuh. Jangan berlatih dengan cara yang sama terus menerus, karena otot akan beradaptasi dan tidak terstimulasi. Anda perlu merubah pola latihan Anda sesekali untuk mencegah stagnasi.

Perbanyak gerakan compound (gerakan yang melibatkan lebih dari 1 sendi)

Bagi Anda yang bertubuh kurus sangat disarankan melakukan latihan dengan gerakan compound. Latihan compound ini melibatkan sebagian besar serat dalam otot. Selain itu gerakan compound juga dapat merangsang respon anabolik terbaik dalam tubuh Anda. Karena Anda disarankan tidak terlalu lama berlatih, Anda sebaiknya menggunakan gerakan compound sehingga tidak memakan banyak waktu.

Kardio

Kardio memang sangat baik untuk kesehatan jantung, namun melakukan kardio dapat membakar banyak kalori yang dibutuhkan oleh mereka yang bertubuh kurus. Untuk itu Anda dianjurkan melakukan kardio dalam intensitas yang rendah.

2. Pola makan

Selain latihan Anda perlu memperhatikan pola makan yang benar agar berat tubuh Anda bertambah, namun bukan karena lemak, melainkan bertambah dengan berat otot. Anda bisa mengubah pola makan yang tadinya 3 kali sehari menjadi 5 kali agar kalori tubuh Anda tetap terjaga.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang padat kalori, seperti jenis-jenis pasta, gandum, steak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis makanan tersebut dapat membuat kebutuhan kalori harian Anda terpenuhi tanpa perlu khawatir merasa kembung.

Selain makanan yang mengandung kalori, Anda perlu mengkonsumsi suplemen yang tinggi kalori, seperti whey protein dan gainer.

3. Istirahat

Selama pembentukan otot, sebaiknya Anda menghindari stres. Karena ketika tubuh merasa stres, otot Anda akan mengalami katabolik. Dalam keadaan seperti ini, tubuh memiliki kecenderungan membakar jaringan otot. Hal tersebut akan membuat Anda kehilangan massa otot Anda.

Usahakan untuk beristirahat dengan cukup agar pemulihan otot Anda berlangsung dengan cepat. Tidurlah minimal 8 jam sehari dan usahakan untuk meminimalisasi aktivitas Anda karena Anda dianjurkan untuk menyimpan kalori. Kalori tersebut hanya Anda bakar saat Anda melakukan latihan.

Tips ini tidak akan berhasil tanpa motivasi dan usaha yang kuat. Kuncinya jangan mudah berpuas diri saat tubuh Anda mulai menampakkan hasil. Selain itu, konsistenlah berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat juga suplementasi yang benar. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *