Trend Tanning Untuk Mendongkrak Penampilan

Tidak hanya untuk kepentingan pertandingan, tanning telah lama menjadi trend bagi banyak orang, terutama dari ras kaukasia yang berkulit putih (pucat). Bagi sebagian orang memiliki kulit yang kecoklatan membuat seseorang terlihat lebih seksi.

Dibandingkan dengan berjemur, menggelapkan kulit dengan menggunakan pewarna kulit dianggap lebih praktis dan lebih aman.

Ada banyak jenis pewarna kulit yang digunakan untuk merubah warna kulit agar lebih indah serta menajamkan lekuk otot. Masing-masing jenis memiliki kekurangan dan kelebihan. Meski sama-sama untuk mewarnai kulit, beda jenis, beda pula fungsinya.

Baca juga: Perfect tan for perfect muscle

Jenis-jenis tanning

Tanning lotion

Yang paling umum kita temukan digunakan dalam pertandingan binaraga dan body contest adalah jenis tanning lotion. Penggunaannya mudah, hanya dioleskan ke bagian tubuh dengan tangan, dan dapat diatur ketebalannya untuk membuat lekukan otot terlihat jelas.

Namun kekurangannya adalah saat menggunakan jenis ini, tangan akan kotor dan akan menyebar kemana-mana. Untuk itu Anda harus berhati-hati saat pemakaian. Jangan sampai kostum atau perlengkapan Anda jadi warna-warni.

Spray tanning

Pewarnaan kulit dengan cara ini lebih sering digunakan untuk dunia kecantikan, terutama wanita. Namun kini juga telah banyak dipakai oleh para atlet binaraga dan men fitness untuk pertandingan.

Spray tanning terdiri dari dua jenis, yakni dengan cara manual, dan menggunakan mesin.

  • Spray tanning manual: meskipun manual, pengaplikasian pewarna kulit dengan cara ini tetap menggunakan mesin. Tepatnya mesin air brush. Namun untuk melakukannya Anda butuh orang lain untuk menyemprot tubuh Anda dengan pewarna. Walau tidak terlalu praktis, cara ini membuat hasil pewarnaan yang lebih rapi.
  • Spray tanning mesin: menggunakan mesin yang sama, pewarnaan kulit dengan cara ini memungkinkan Anda dapat melakukan pewarnaan sendiri, tanpa bantuan orang lain. Meski kedengarannya lebih praktis, cara ini seringkali membuat warna kulit tidak merata.

White tanning

Meskipun namanya adalah white tanning, proses ini tidak merubah warna kulit menjadi kecoklatan. Namun bukan berarti kulit Anda juga menjadi putih. Dilansir dari beauty journal, treatment ala Korea yang satu ini adalah cara untuk Anda memperbaiki kulit secara keseluruhan. Perawatan ini ditemukan oleh NASA sebagai cara untuk pemulihan luka saat di luar angkasa. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sinar inframerah untuk meratakan warna kulit sekaligus meminimalisir masalah pigmentasi.

Jadi yang mana yang Anda butuhkan? (Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *