Tuai Ragam Manfaat dari Berjalan Kaki

Salah satu olahraga yang paling murah dan tidak memerlukan alat adalah lari. namun tidak semua orang diizinkan untuk berlari lantaran masalah medis. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah berjalan, baik itu jalan ringan maupun cepat.

Jangan remehkan olahraga yang murah dan ringan ini, karena dapat menuai berbagai manfaat kesehatan dalam tubuh, salah satunya adalah dapat mencegah diabetes.

Jika Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak melakukannya, karena Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan hingga cepat.

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, ada baiknya dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan, baru setelah itu secara perlahan Anda tingkatkan durasinya (progressive overload). Jika Anda berjalan kaki secara rutin dan tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat, maka Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti yang dilansir dari Alodokter:

Sehatkan Jantung dan Turunkan Kolesterol

Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol Anda. Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan kepada dokter.

Cegah Diabetes Tipe 2

Selain penyakit jantung, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki, Anda telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat.

Turunkan Berat Badan

Dengan berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, Anda juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.
Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit. Cobalah untuk sempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi.

Mengurangi Stress

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Ya, menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang Anda.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan hanya berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk malas berolahraga ya Reps Mania! (Fikry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *