Vegetarian Bodybuilder: Apakah protein nabati saja cukup untuk membangun otot?

Oleh: Ayyuni S.

Dalam usaha membangun otot, protein ibarat kebutuhan pokok, karena asam amino yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk mempercepat recovery otot yang sobek setelah latihan beban. Untuk itu setiap orang yang sedang membangun otot memiliki mindset bahwa kita harus bahkan wajib mengkonsumsi protein setiap hari.

Pada dasarnya protein tidak hanya kita dapatkan dari hewan (protein hewani). Namun juga kita peroleh dari tumbuhan (protein nabati). Dalam membangun otot biasanya para atlet mengandalkan protein hewani. Kini pertanyaannya apakah kita bisa membentuk otot hanya dengan mengkonsumsi protein nabati?

Apakah protein nabati saja cukup untuk membangun otot?

Orang-orang memilih menjadi seorang vegetarian karena beberapa sebab, diantaranya karena memiliki alergi terhadap protein hewani, ingin lebih melindungi lingkungan, pecinta hewan, hingga menghindari kolesterol yang ditimbulkan protein hewani. Namun apakah dengan gaya hidup vegetarian tersebut Anda bisa membangun otot?

Jawabannya adalah bisa.

Meskipun protein hewani dilansir lebih unggul dari protein nabati lantaran memiliki asam amino yang lebih lengkap, namun bukan berarti protein nabati tidak bisa membantu Anda membangun otot. Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi protein nabati saja, Anda harus mengkonsumsi beragam jenis makanan agar Anda mendapat asam amino yang lengkap.

Dr. Hario Tilarso,SpKO,FACSM mengatakan, “Anda bisa saja membangun otot menggunakan protein nabati, namun hasilnya tidak maksimal. Untuk itu perlu asupan yang seimbang antara protein hewani dan nabati untuk memaksimalkan pertumbuhan otot”.

Untuk itu bagi Anda yang menganut vegetarian tidak mustahil bagi Anda untuk membangun otot. “Hanya saja bagi seorang vegetarian dibutuhkan makanan pelengkap, yakni berupa suplemen dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan protein,” tambahnya.

Dewasa ini brand-brand suplemen ternama juga mengeluarkan jenis-jenis suplemen khusus untuk para vegetarian. Bahan utamanya adalah susu kedelai sehingga tidak perlu khawatir akan mengganggu gaya hidup vegetarian Anda.

Berikut beberapa atlet yang menganut pola makan vegetarian;

Torre Washington

Torre Washington adalah salah satu binaraga yang menganut pola makan vegan. Ia memulai kiprahnya ditahun 2009 silam dan berhasil menyabet beberapa gelar juara di kategori physique classic dalam ajang Arnold Classic. Pria yang menggambarkan dirinya sebagai seorang Rasta ini berkomitmen untuk filosofi hidup dari tanah, sehingga ia mengkonsumsi berbagai tumbuh-tumbuhan.

Ia memulai gaya hidup vegan untuk membangun kesadaran akan nasib hewan serta keseimbangan alam. Dari kepeduliannya terhadap lingkungan hidup Torre dianugerahi penghargaan Humane Hero Award oleh Florida Humane Liga pada tahun 2016 untuk advokasi terhadap hewan.

Dalam pengaturan makannya, seorang vegan cenderung lebih simple karena fase on-season dan off-season-nya tidak berbeda jauh. Sepanjang tahun ia konsisten mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang terdiri dari tahu, kacang lentil, oatmeal, ubi jalar, brokoli dan lain-lain. Kala bersaing dengan para pemakan daging, Torre mengaku pemulihan ototnya berjalan lebih cepat dan mudah mendapatkan hipertropi.

Torre memiliki cita-cita menjadi binaraga vegan panutan juga dampaknya pada olahraga yang ia geluti, yakni fitness. “Komitmen saya untuk menjadi vegan adalah untuk berbagi dengan dunia bagaimana manusia bisa eksis secara holistik dengan semua makhluk dan tidak hanya bertahan, tetapi berkembang sebagai vegan.”

Amanda Riester

Amanda Riester adalah binaragawati sekaligus seorang petinju asal Amerika. Karirnya dalam olahraga tinju sangat cemerlang, terutama saat ia berusia 18 tahun ia berhasil menduduki posisi ke-2 se-Amerika Serikat. Setelah 10 tahun berkecimpung di dunia tinju ia beralih pada dunia binaraga. Ia mulai berhenti makan daging sejak usia 5 tahun dan menjadi vegan penuh pada usia 29 tahun.

Seperti yang dikutip dari greatveganathletes.com Amanda sangat mendukung gerakan vegan. Ia juga mengambil pekerjaan di bidang konselor pemelihataan hewan dan telah menjadi relawan di penyelamatan pit bull sejak tahun 2000.

“Banyak orang yang terkejut bahwa saya bisa menjadi sekuat ini dengan diet vegan. Pada titik ini, siapapun yang mengenal saya tahu saya vegan karena saya membuat sebuah keputusan dimana saya hidup dengan gaya vegan sehari-hari. Tanktop, celana pendek, tas… bahkan tanda pengenal bertuliskan vegan. Saya sangat bangga menjadi begitu kuat dan sehat berkat diet vegan dan saya bangga menjadi duta untuk gaya hidup vegan.”

Selain Torre dan Amanda masih banyak atlet binaraga yang menganut gaya hidup vegetarian, diantaranya adalah Joe ‘Monk’ Coleman, Greg Moorman, Billy Simmonds, Bill Pearl pemenang Mr Universe, Cory Everson pemenang Ms Olympia dan banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *