Waktu Yang Ideal Berolahraga Saat Puasa

 

Puasa bukan alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Pada dasarnya, melakukan olahraga di bulan Ramadhan diperbolehkan namun kebanyakan dari Anda takut melakukannya lantaran haus dan sebagainya. Dokter spesialis gizi klinik Saptawati Bardosono mengatakan, meskipun berpuasa tubuh harus tetap aktif agar selalu bugar. Salah satu hal yang direkomendasikan untuk tetap dilakukan selama berpuasa adalah berolahraga.

Namun, bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan puasa? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Menurut Saptawati, olahraga dalam rentang waktu 30 sampai 60 menit menjelang berbuka merupakan waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Pasalnya pasca olahraga, Anda bisa langsung minum untuk mengganti cairan yang hilang ketika puasa dan olahraga.

Adapun untuk intensitasnya, disarankan untuk melakukan intensitas ringan hingga sedang seperti bersepeda, berenang atau berjalan ketika puasa. Namun perlu diingat kembali bahwa tingkat kebugaran setiap individu tentu berbeda satu sama lain, intinya adalah kenali tubuh Anda.

“Tingkat kebugaran masing-masing individu berbeda, sehingga pemilihan olahraga pun tidak sama. Ada orang yang sebaiknya tidak melakukan olahraga high impact, sehingga lebih tepat melakukan olahraga berenang atau berjalan,” ucapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.