Yoga pada binaraga

Young bodybuilder doing yoga on mat

Oleh: Dr. Tedy Hartono

Yoga adalah ilmu untuk membebaskan pengendalian diri dan penguasaan diri sendiri. Jadi, pada prinsipnya yoga lebih bersifat rohaniah daripada lahiriah, dan dikenal ada cukup beragam teknik yoga itu sendiri. Dalam yoga diajarkan kita harus dapat mengendalikan pikiran dan hidup dalam dunia nyata. Yang dijabarkan salah satunya melalui teknik-teknik pernafasan.

Kenapa? Pada kenyataannya, manusia terdiri dari pikiran dan tubuh, yang dihubungkan melalui nafas. Oleh sebab itulah pernafasan merupakan hal yang sangat penting dalam yoga. Kita tahu dalam pandangan ilmu pengetahuan umum, udara terbagi menjadi bermacam unur seperti oksigen, hydrogen, nitrogen, karbonioksida, dll. Demikian pula menurut pandangan yoga, energi kehidupan alam semesta terbagi menjadi 50 bagian dengan 50 fungsi atau vayu. 10 dari 50 vayu berkaitan dengan kegiatan fisik dan mental seseorang. Dari 10 vayu itu, terdapat 5 vayu yang paling utama menurut pandangan kriya yoga (salah satu teknik yoga). Adapun kelima vayu berikut fungsinya adalah:

89688620

  • Prana vayu, merupakan vayu yang memberikan kehidupan, mengendalikan pernafasan dan kerja jantung.
  • Apana vayu, berfungsi untuk membuang sampah dari sistem kerja tubuh seperti air seni, feses, gas, dan ejakulasi.
  • Samana vayu, berfungsi untuk memisahkan sari-sari makanan dari bagian yang tidak berguna dalam makanan tersebut.
  • Udana vayu, berfungsi untuk berbicara dan mendorong udara dari paru-paru.
  • Vyana vayu, berfungsi untuk membagikan energi ke seluruh bagian tubuh.

Binaraga merupakan cabang olahraga yang tidak berbeda dengan cabang olahraga yang lain, dimana dianjurkan untuk selalu dapat menjaga kondisi tubuh dalam keadaan fit. Jadi, dengan berlatih yoga melalui seorang guru yang baik, otomatis bisa melatih dan memaksimalkan vayu-vayu yang berkorelasi meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat yang menjadi pola hidup binaragawan. Dari segi pengolahan fisik saja, yoga sudah nampak manfaatnya. Apalagi jika ditinjau dari sisi kejiwaan/ rohaninya, pasti lebih luas lagi manfaatnya.

Jadi, janganlah Anda ragu untuk memadu yoga dan binaraga. Selama mendapat fasilitas serta arahan dari instruktur yang kompeten, jelas segala manfaat dan khasiat atas pengaruh yoga akan segera Anda rasakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *