10 perbaikan untuk hindari lemak perut

DSC_5397

“Berlatih kardio saat nge-gym sudah, menjalankan progam diet pun juga sudah dilakukan, tapi mengapa bentuk perut tak kunjung kotak-kotak?hhmm… rupanya lemak yang membandel masih terlalu tebal untuk membentuk cetakan kotak es di perut. Siapa yang sudi memiliki perut buncit yang membalut tubuh anda, tentu kata “tidak” akan terlontar dari mulut ini jika ditanyakan hal seperti itu”

Meskipun banyak orang yang mengatakan, bahwa buncit melambangkan kemakmuran seseorang. Namun jangan berbangga terlebih dahulu bagi mereka pemilik perut buncit, belum tentu keadaan tersebut membuktikan bahwa dirinya makmur. Justru dengan kondisi tersebut disinyalir sebagai bentuk awal dari berbagai penyakit yang akan diderita. So, apa yang perlu dibanggakan dengan perut buncit, dan mengapa tetap bertahan dengan keadaan seperti itu.

OK, jadi apakah Anda telah  memutuskan  untuk melakukan perubahan pada berat badan? Kemudian apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan? Namun, jika merasa bingung dengan apa yang harus anda lakukan, cobalah siasati saran berikut dalam program diet untuk hindari lemak perut sehingga tidak menutupi keindahan sixpack anda.

1. Pilih protein dengan bijaksana

paulsnacking-4.

Pilihlah sumber protein dengan bijak yang tidak membuat tubuh anda menjadi berlemak. Perlu adanya penyesuain terhadap sumber protein yang sesuai dengan tubuh. Jika anda tidak mendapatkan manfaat pembentukan otot melalui daging putih, alangkah baiknya jika anda menggali lagi bahan protein yang sesuai, mungkin saja tubuh anda lebih cocok dengan putih telur ataupun whey protein.

2. Makan dengan jumlah kalori yang  memadai

Batasi Jumlah kalori yang anda perlukan, jika sekiranya anda akan berlatih dengan ekstra, maka perbanyaklah jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Agar produksi tenaga saat berlatih lebih maksimal sehingga pembakaran lemak pun akan lebih banyak yang terbuang. Namun jika tidak berlatih sebaiknya anda sesuikan dengan kebutuhan lapar anda, agar kalori tidak berlebih dan tidak menyumbat pada lemak.

3. Hindari ngemil larut malam

latesnacking_a

Kebiasaan ngemil atau makan besar dimalam hari merupakan suatu budaya yang sulit dihindari oleh masyarakat Ibu kota secara umunya, kebiasaan seperti ini dapat memberikan kontribusi yang tidak baik bagi pencernaan tubuh manusia. Karena mengonsumsi makanan berkalori tinggi ataupun makanan ringan sebelum tidur, menyebabkan lonjakan insulin menyumbat, sehingga menjadi timbunan lemak. Ketika tubuh membutuhkan istirahat, maka metabolisme pencernaan pun akan bekerja secara lambat, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan terhadap jumlah kalori yang masuk dengan kandungan lemak yang terbuang.

4. Perhatikan asupan minuman keras

Anda penggemar minuman keras, hendaknya lebih berwaspadalah dalam mengonsumsi minuman beralkohol ini. Minuman keras memiliki manfaat sebagai peningkat metabolisme tubuh, selagi pengonsumsian tersebut sebatas wajar dan tidak berlebihan. Tidak seluruh minuman keras berdampak negative pada tubuh, ada beberapa minuman yang sangat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, seperti halnya wine. Jenis minuman seperti inilah yang sering digunakan binaragawan untuk melakukan aktifitas ekstra saat berlatih ataupun sebelum berkompetisi diatas panggung.

5. Pertahankan buah-buahan segar

Buah segar merupakan sumber makanan esensial yang baik untuk dikonsumsi sebagai bahan pembentuk tubuh sehat. Mengganti pengonsumsian buah menjadi suatu minuman jus yang menyegarkan, tentu sangat membantu anda untuk memiliki timbunan lemak. Ini disebabkan bahwa kandungan gula tambahan yang terdapat pada jus buah, sangat membantu lemak kembali menimbun. Lebih dianjurkan jika tetap mempertahankan pengonsumsian buah-buahan dengan cara dimakan, agar nutrisi maupun sari-sari buah tersebut tetap terjaga alaminya. Namun, jika anda tetap menginginkan buah tersebut di jus, maka hindarilah penggunaan gula tambahan pada jus tersebut.

6. Tidur tujuh hingga delapan jam semalam

241601-sleep

Kehilangan jam tidur dapat mengganggu produksi testosteron dan hormon pertumbuhan pada tubuh Anda. Dan dapat menyebabkan penambahan berat badan tidak stabil dari waktu ke waktu. Manfaatkan tidur malam anda untuk merefresh kembali tenaga yang telah terkuras selama beraktifitas seharian.

7. Bersantai

Hidup dengan stres kronis meningkatkan kadar kortisol Anda meninggi, sehingga mempromosikan hormone menjadi penyimpanan lemak berlebih, timbunan tersebut dapat mengedap pada usus dan bokong anda. Jadi bersantailah, dalam memanfaatkan waktu istirahat anda.

8. Makan setiap dua sampai tiga jam

Mengatur jarak asupan makanan tentunya berguna untuk mengendalikan nafsu makan agar tidak masuk secara berlebih.  Jangan membuat jarak terlalu lama antara waktu makan dan camilan sehat, karena dapat menyebabkan nafsu makan menjadi melonjak dan tidak terkendali, sehingga berbagai makanan apa pun yang ada dihadapan Anda rasanya ingin dilahap semua.

9. Ubahlah rutinitas Anda

10401202

Jika Anda mengikuti latihan rutin secara monoton tanpa ada perubahan, maka tubuh Anda akan berhenti untuk menanggapi latihan itu. Cobalah untuk merubah rencana latihan Anda setidaknya setiap enam minggu, supaya otot tidak beradaptasi dengan gerakan yang sudah terbiasa dilakukan

10. Variasikan makanan Anda

Sumber protein tidaklah terpaku pada daging putih ataupun daging merah, masih banyak sumber protein lainnya yang cocok dengan kebutuhan tubuh anda. Disarankan bagi anda, untuk memvariasikan berbagai makanan bernutrisi yang sesuai dengan kebutuhan yang anda kehendaki. Ini diupayakan agar anda tidak merasa bosan pada menu, serta anda akan lebih memahami berbagai nutrisi yang lebih baik untuk tubuh anda (AL)

Teks: Alfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *