10 Tips latihan perut “Six Pack”

six-pack-abs_14_4

Selain dada, setiap orang menginginkan bentuk perut yang terdefinisi (Six pack). Untuk beberapa alasan, memang otot perut adalah otot yang paling sulit untuk dilatih. 10 tips latihan perut berikut semoga bisa membantu membentuk dan mengencangkan otot perut Anda. Siapa tahu, perut six pack jadi milik Anda.

1. Nafas. Saat melatih perut, biasanya Anda menghembuskan nafas saat sedang kontraksi dan menghirup nafas saat keadaan normal. Agar kontraksi lebih terasa dan lebih kuat, cobalah menahan nafas selama latihan. Sebagai contoh, tahanlah nafas selama Anda melakukan 1 set latihan (5-10 reps), dan hembuskan nafas saat 1 set latihan selesai.

2. Konsentrasi. Michael Angelo tidak membuat mahakaryanya dengan mata tertutup, jadi bagaimana Anda berpikiran bisa membentuk perut Anda dengan mata tertutup? Memang susah melihat perut disaat latihan. Tidak hanya menambah konsentrasi, tapi dengan mengangkat kepala dan bahu selama latihan, resistensi-pun juga meningkat lebih besar dalam memacu pertumbuhan otot.

lemak-di-perut

3. Lemak tubuh. Setiap orang mempunyai perut, namun beberapa orang tidak bisa melihatnya karena tertutup lapisan lemak disekitar pinggang. Bila Anda tidak mau menghilangkannya dengan angkat beban, cobalah beberapa latihan cardio dan konsumsi suplemen termogenik (dapat membakar lemak).

4. Kualitas. Dan bukan kuantitas yang dihitung. Beberapa orang mungkin bisa melakukan 1000 crunch dalam 5 menit, tapi apakah ini bisa membentuk perut seperti yang Anda inginkan? Latihlah otot perut Anda seprti otot-otot tubuh lainnya. Dan lakukan latihan hanya 8 repetisi untuk setiap latihan otot perut, tapi lakukan dengan maksimal dan benar. Ini akan jauh lebih berhasil, ketimbang dengan melatih otot perut terlalu lama. Karena jika terlalu lama hanya akan melatih daya tahan, bukan kekuatan.

5. Rasakan pembakaran otot. Anda tidak selalu merasakan pembakaran otot disetiap repetisi yang Anda lakukan, sedangkan pembakaran ini untuk menstimulasi pertumbuhan otot. Untuk menambah resistansi, Anda bisa menggunakan beban dikaki bagian tumit, lalu lakukan sit up dengan meletakkan beban didada. Atau hanti crunch biasa Anda dengan melakukan overhead pull-down crunch.

6. Otot perut tidak perlu duit. Jadi pulangkan saja alat-alat yang Anda beli dari iklan TV. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah matras dan alat menggantung untuk membuat perut Anda seperti papan cucian.

hang-leg-raises

7. Perut bagian bawah. Leg Raises adalah latihan abs bagian bawah favorit saya, karena saya bisa melakukan latihan dengan banyak variasi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot, seperti dengan menggunakan bangku, coba angkat kaki tinggi-tinggi atau dengan latihan lainnya untuk leg raises. Adalah gerakan dimana tubuh Anda terlihat seperti huruf “L”, sentuh bagian atas dengan jari dengan tanpa menggerakan bahu Anda dari bangku. Latihan ini seperti menggabungkan dua gerakan jadi satu dan mengakhiri dengan sebuah tinju.

8. Perut bagian tengah. Saya sudah mengabaikan sit up biasa untuk melatih otot perut. Saya mengganti latihan untuk otot perut bagian tengah ini dengan cara lain. Intinya, Anda benar-benar tidak butuh untuk melatih secara langsung perut bagian tengah, karena seperti yang Anda ketahui perut bagian tengah berada diantara perut atas dan bawah. Jadi dengan melatih perut bagian atas dan bawah, Anda secara tidak langsung sudah melatih perut bagian tengah.

9. Perut bagian atas. Saya jarang-jarang melakukan regular crunch, paling hanya sebulan sekali. Saya ragu Anda dapat melakukan regular crunch melebihi 8 repetisi tanpa tambahan beban. Jadi saya menggantinya dengan overhead pull down crunches, dimana saya bisa mengatur beban yang digunakan. Perut atas adalah bagian yang paling sulit untuk dilatih, tetapi tetaplah konsentrasi dan lakukan saja latihan seperti itu.

10. Jika Anda menginginkan bentuk perut yang indahm berlakulah seolah-olah Anda telah memilikinya. Kedengarannya memang konyol, tetapi setelah Anda menyelesaikan latihan perut kemudian bergayalah didsepan cermin. Bergaya dan mengencangkan otot perut dapat membantu memisahkan otot agar terlihat lebih terdefinisi. Reps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.