3 Kesalahan Fitness Untuk Pemula

1-the-beginner-a-workout-plan-for-each-fitness-level

Oleh Fikry Hizbullah

Bagi atlet binaraga atau orang-orang yang sudah memiliki badan kekar, gym adalah rumah, namun tidak bagi sebagian orang yang baru berkecimpung. Gym dianggap sebagai tempat yang mengintimidasi, meskipun terkadang tidak.

Saat Anda berada di gym, Hindari berkeliling dari satu alat ke alat gym lain, meniru gerakan latihan orang di samping Anda dan urungkan niat Anda untuk mendapatkan badan kekar dalam waktu sebulan. Itu bukanlah tujuan yang realistis.

Sebaliknya, ketika baru mulai latihan, latihanlah dengan cerdas, pelajari berbagai gerakan yang baik untuk Anda, tetapkan tujuan yang realistis dan hindari kesalahan umum yang terjadi pada pemula dengan saran Kami berikut ini. Kesalahan yang biasa terjadi:

 

Tidak Tetapkan Jadwal

Mulailah dengan mengatur jadwal latihan 2 hari dalam seminggu. Lakukanlah jadwal yang sudah Anda buat secara konsisten. Pada hari-hari dimana Anda tidak memiliki waktu yang cukup, usahakan untuk tetap latihan selama 20 menit, fokus pada efisiensi, untuk mendapatkan hasil maksimal dari sesi pendek ketimbang Anda melewatkan gym.

Jangan biarkan minimnya peralatan di gym jadi alasan Anda untuk berlatih. Anda dapat gunakan dumbbell untuk melatih tubuh secara keseluruhan.  Lakukan 3 set x 12 repetisi dumbbell press,  bent over row,  dan reverse lunges dengan sedikit istirahat dapat menunjang pertumbuhan otot Anda.

Jika Anda memerlukan beberapa referensi gerakan fitness, Anda dapat membuka internet atau bertanya dengan orang-orang yang Anda anggap kompeten di bidang fitness.

Setelah Anda dapat melakukan latihan 2 hari seminggu dalam sebulan, maka tambahkanlah waktu latihan Anda menjadi 3 hari seminggu.

 

Tidak Buat Rencana

Anda perlu rencana. Memiliki program tidak hanya memberikan Anda rasa percaya diri, melainkan meyakinkan diri bahwa Anda tahu apa yang akan dilakukan di gym, dan hal tersebut akan mengarah pada hasil yang lebih baik.

penting untuk diketahui, fitnes bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga bagaimana melakukan hal itu dengan baik. Keamanan, jadi prioritas utama dalam melakukan setiap gerakan fitness. Pastikan untuk merasakan otot yang dilatih.

 

Menghindari Latihan Angkat Beban

Kesalahan umum lainnya yang biasa dilakukan pemula adalah menghindari latihan angkat beban atau kekuatan. Biasanya, mereka hanya menghabiskan waktu di atas treadmil dan sepeda statis (cardio).

Tahukah Anda, dengan berlama-lama melakukan cardio, Anda hanya membakar sedikit kalori saja dan otot yang reps mania idamkan tidak akan muncul. Jadi mulailah untuk mengangkat beban. Untuk referensi latihan angkat beban, Anda dapat klik disini.

 

One thought on “3 Kesalahan Fitness Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *