4 Cara Meraih Massa Otot yang Masif

Latihan di gym memang jadi satu-satunya cara jika Anda ingin mendapatkan massa otot yang besar. Namun hal tersebut hanya terjadi jika Anda baru pertama kali nge-gym. Kenapa demikian? Karena otot akan beradaptasi dengan jumlah berat dan angkatan Anda sehingga otot memasuki masa stuck.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi agar otot Anda tetap tumbuh layaknya atlet professional muscle.

Latihan Secara Konsisten Dan Giat

Di sinilah semuanya dimulai: pelatihan yang konsisten dan keras. Mulai sekarang, setiap latihan dihitung, jadi lakukaonlah dengan sepenuh hati! Seiring berjalannya waktu, tujuan Anda harus selalu berusaha untuk menggunakan sedikit lebih banyak berat (progressive overload), atau lakukan beberapa repetisi lagi sampai failure (gagal).

Work The Big Lifts

Para atlet mencoba menambahkan massa dengan menambahkan lebih banyak gerakan isolasi. Cobalah untuk lebih banyak melakukan gerakan compound untuk menambah ekstra  massa otot Anda.

fokus setiap minggu pada bench press, squat, deadlift, military press, dan barbell rows. Beberapa orang berpikir latihan ini hanya untuk memperkuat fisik saja, itu jika melakukannya dalam repetisi rendah. Lakukan angkatan kisaran 8-10 repetisi secara teratur, dengan gerakan yang benar, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak massa otot.

Campur Rentang Repetisi

Melakukan 8-10 repetisi per set adalah cara yang benar untuk membesarkan massa otot. Namun untuk mendapatkan hipertrofi ada baiknya Anda mencampurkan dengan set yang lebih berat dari 5-8 repetisi dan set lebih ringan dari 12-15 repetisi. Untuk paha depan dan betis, lakukan hingga 20-50 kali. Serat otot yang berbeda merespon secara berbeda terhadap perubahan beban.

Istirahat

Semua orang tahu tubuh butuh istirahat untuk masa pemulihan. Jadi mengapa Anda menyabotase waktu tidur dengan berpesta atau menonton TV sampai larut malam?

Jika Anda tidak dapat tidur 8 jam karena pekerjaan, sekolah, atau apapun itu, lakukan yang terbaik yang Anda bisa. Tetapi ketahuilah bahwa istirahat dan pemulihan sangat penting untuk pertumbuhan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.