5 bahan penting yang harus ada di suplemen pembakar lemak

2

Oleh: Ayyuni S.

Dalam menurunkan berat badan, Anda tidak hanya dituntut untuk melakukan olahraga untuk membakar lemak, tetapi juga mengatur asupan makanan agar lemak yang telah Anda buang dari tubuh Anda tidak kembali bersarang. Percuma saja jika Anda melakukan olahraga mati-matian tapi setelahnya Anda kembali mengkonsumsi makanan berlemak.

Seiring dengan kemajuan teknologi, hadir pula suplemen khusus yang berfungsi untuk meningkatkan pembakar lemak. Cara kerjanya adalah dengan memaksimalkan pembakaran lemak, meningkatkan energi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Berbagai merk suplemen mulai berlomba-lomba memproduksi suplemen jenis ini, sehingga suplemen pembakar lemak sangat mudah didapatkan.

Karena suplemen pembakar lemak ini mudah ditemukan, bukan berarti Anda boleh sembarangan dalam memilih produk mana yang akan Anda konsumsi. Anda harus memperhatikan komposisi atau kandungan yang ada di dalamnya. Berikut daftar bahan penting yang harus ada dalam suplemen pembakar lemak Anda.

Kafein

3

Kafein adalah sebuah zat yang sering kita jumpai pada kopi, teh ataupun coklat. Karena cara kerjanya yang mampu meningkatkan pembakaran lemak, kafein sering digunakan sebagai salah satu bahan baku suplemen pembakar lemak.

Telah dilakukan sebuah penelitian oleh Acheson KJ, Zahorska-Markiewicz B, Pittet P, Anantharaman K, Jéquier E dimuat dalam US National Library and Medichine dengan subjek: Caffeine and coffee: their influence on metabolic rate and substrate utilization in normal weight and obese individuals. (Am J Clin Nutr. 1980 May;33(5):989-97.)

Penelitian tersebut membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kafein, para partisipan mengalami peningkatan metabolisme tubuh. Selain itu kopi juga mampu meningkatkan thermogenik, sehingga merangsang tubuh membakar kalori lebih banyak dan membuangnya lewat urine (diuretik).

Ekstrak Teh Hijau

4

Sama halnya dengan kopi, teh hijau juga megandung kafein. Cara kerjanya pun sama yakni meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan menambah energi. Namun hebatnya teh hijau ini memiliki sejenis antioksidan yang berkontribusi langsung dengan hormon leptin (hormon yang dihasilkan sel lemak berfungsi mengatur metabolisme dan nafsu makan) dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Telah dilakukan sebuah penelitian oleh Chen IJ, Liu CY, Chiu JP dan Hsu CH dan dimuat dalam US National Library and Medichine dengan subjek: Therapeutic effect of high-dose green tea extract on weight reduction: A randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial (Clin Nutr. 2016 Jun;35(3):592-9. doi: 10.1016/j.clnu.2015.05.003. Epub 2015 May 29).

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami obesitas dan mengkonsumsi teh hijau selama 12 minggu dapat menurunkan berat badan secara signifikan, mengurangi lingkar pinggang, hingga turunnya kadar kolesterol jahat (LDL).

Cabe Rawit

5

Cabe rawit adalah salah satu pembakar lemak alami yang disediakan alam dan tentu saja tanpa efek samping buruk terhadap kesehatan. Cabe rawit memiliki sifat thermogenik yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Selain itu cabai rawit dapat mencegah kelebihan insulin didalam tubuh dan menekan nafsu makan.

Penelitian yang dilakukan oleh Clegg ME, Golsorkhi M, dan Henry CJ yang dimuat dalam US National Library and Medichine dengan subjek: Combined medium-chain triglyceride and chilli feeding increases diet-induced thermogenesis in normal-weight humans (Eur J Nutr. 2013 Sep;52(6):1579-85. doi: 10.1007/s00394-012-0463-9. Epub 2012 Nov 20), menghasilkan suatu kesimpulan bahwa dengan menambahkan cabai pada makanan dapat meningkatkan DIT (diet-induced thermogenesis) hingga 50% yang dari waktu kewaktu dapat menginduksikan penurunan berat badan dan mencegahnya naik kembali.

Vitamin D

Sunshine Vitamin D letter on white background

Selain baik untuk penyerapan kalsium dari makanan, vitamin D sangat baik dikonsumsi saat menurunkan berat badan. Vitamin D dapat memaksimalkan pembakaran lemak jenuh yang ada di dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi untuk beraktivitas. Orang yang mengkonsumsi vitamin D juga memiliki kadar lemak yang rendah pada tubuhnya.

Dikutip dari womenshelath.com sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, wanita obesitas yang menjalani diet 15 minggu dan mengkonsumsi 1.200 miligram kalsium sehari kehilangan berat badan enam kali lebih banyak, daripada wanita yang mengikuti diet saja. Dengan mengkonsumsi nutrisi kaya vitamin D akan mencegah lemak tersimpan di dalam tubuh, serta menjadi pembakar lemak yang baik untuk Anda. Hasilnya berat badan Anda akan turun 70% lebih cepat.

Glukomanan

7

Glukomanan adalah sari pati gula tanaman konjak (konnyaku) yang banyak di budidayakan di berbagai Negara untuk kesehatan. Sari pati ini berbentuk seperti tepung, dan ada pula yang seperti jeli. Di dalamnya terkandung serat dan sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sifat glukomanan sebagai penekan nafsu makan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Setelah di konsumsi, glukomanan dapat menyerap air yang ada di dalam perut sehingga mampu mengurangi kolesterol dan karbohidrat yang menumpuk di dalam tubuh.

Sebuah penelitian oleh Walsh DE, Yaghoubian V, dan Behforooz A yang dimuat dalam US National Library and Medichine dengan subjek: Effect of glucomannan on obese patients: a clinical study (Int J Obes. 1984;8(4):289-93.), membuktikan bahwa mengkonsumsi glukomanan dapat meningkatkan penurunan berat badan dan berkurangnya kolesterol jahat dalam tubuh tanpa mengakibatkan efek samping yang negatif.

Jadi tunggu apa lagi, cek suplemen pembakar lemak Anda dan pastikan 5 bahan alami ini terkandung di dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *