5 Kesalahan Umum Yang Berakibat Fatal Saat Mengangkat Beban

Membuat kesalahan saat mencoba sesuatu yang baru memang memberikan Anda pengalaman baru. Namun jika kesalahan umum ini Anda lakukan terus-menerus tanpa tahu kebenarannya, mungkin Anda akan mengalami cedera yang fatal.

Berikut 5 kesalahan umum yang berakibat fatal saat mengangkat beban.

Tidak melakukan pemanasan

Kebanyakan orang datang ke gym dan langsung melakukan latihan tanpa lebih dulu melakukan pemanasan. Akibatnya otot dapat mengalami cedera karena tertarik.

Untuk itu lakukanlah pemanasan selama 10-15 menit untuk melatih otot sebelum menuju gerakan inti.

Ego saat mengangkat beban

Ego adalah masalah paling umum di gym di seluruh dunia. Banyak orang mencoba mengangkat beban yang lebih berat dari yang biasa mereka lakukan untuk sekedar pamer atau ingin otot cepat besar.

Meskipun Anda mampu, ada kalanya cedera akan terjadi ketika tubuh dipaksakan. Tinggalkan ego Anda ketika hendak berlatih beban. Ikuti kapasitas tubuh dan hindari memaksakan diri ketika berlatih.

Diet yang salah

Banyak orang yang salah mengartikan diet dan memotong banyak asupan makro, seperti karbohidrat dan lemak sehat. Nyatanya diet yang salah justru akan membuat gangguan kesehatan yang serius, seperti salah satunya anorexia.

Untuk itu sebelum memutuskan diet apa yang ingin Anda lakukan, Anda perlu mencari tahu informasi yang benar. Bila perlu kunjungi ahli gizi atau sewalah personal trainer untuk membantu Anda.

Tidak beristirahat dengan benar

Ingin otot cepat besar membuat Anda tidak mementingkan istirahat. Ini adalah salah satu kesalahan yang paling fatal, pasalnya otot Anda akan memulihkan diri dan tumbuh ketika sedang beristirahat.

Tanpa istirahat yang cukup, otot tidak akan tumbuh maksimal. Berlatih tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup dapat membuat tubuh mengalami overtraining.

Menggunakan dopping/steroid

Banyak binaragawan pro yang menggunakan steroid untuk mendongkrak penampilan. Hal ini membuat banyak pemula juga menggunakannya dengan tujuan yang sama.

Perlu Anda ingat, mengambil jalan pintas tidak selalu mulus sampai ditujuan. Ada efek samping jangka panjang yang timbul, yakni gangguan kesehatan. Pertimbangkan beribu-ribu kali untuk menggunakan obat-obatan dalam membangun otot.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *