5 Perbedaan Pria dan Wanita Saat Menurunkan Berat Badan

www.usnews.com

Kita mungkin pernah mendengar bahwa pria dan wanita berasal dari planet yang berbeda, sehingga segala sesuatu mengenai kedua makhluk ini berbeda termasuk dalam proses menurunkan berat badan. Retail asal Inggris, Marks & Spencer melakukan survei yang melibatkan 1.850 responden pria dan wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria cenderung lebih cepat menurunkan berat badan, serta lebih mampu mempertahankannya agar tidak kembali gemuk.

Lantas mengapa pria lebih unggul dalam proses menurunkan berat badan? Berikut 5 perbedaan antara pria dan wanita saat menjalankan diet.

Perbedaan komposisi tubuh

Pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda karena pria memiliki jaringan otot yang lebih ramping daripada wanita. Gen pria memiliki presentase yang lebih tinggi pada massa otot seingga membantu membakar lebih banyak kalori yang ada didalam tubuh. Sementara wanita memiliki kadar lemak 11% lebih banyak dari pada pria karena wanita dirancang untuk memiliki bayi dan lemak ekstra berfungsi untuk berkembangnya bayi didalam perut.

Penumpukan lemak yang berbeda

Lemak adalah sumber utama bertambahnya berat badan. Pada pria lemak cenderung menumpuk pada perut. Sementara pada wanita lemak bersarang dibeberapa titik, diantaranya sekitar perut hingga bagian paha sehingga tubuh berbentuk seperti buah pir. Kabar buruk bagi pria, bahwa lemak pada perut pria dapat menyebabkan penyakit jantung dan berita baiknya  lemak tersebut dapat lebih cepat dihilangkan dibanding lemak keseluruhan wanita.

Wanita lebih dekat dengan makanan

Pada umumnya wanita lebih bertanggung jawab perihal makanan daripada laki-laki. Itu berarti wanita cenderung lebih rentan dengan godaan seputar makan saat berbelanja dan menyiapkan makanan. Untuk itu wanta perlu lebih bijak untuk memilah makanan dan menahan diri dari makanam-makan yang dapat merusak diet.

Perbedaan selera makan

Perihal selera makan, pria dan wanita cenderung memiliki selera yang berbeda dalam memilih menu makanan diet yang akan mereka konsumsi. Ahli Gizi Katherine Tallmadge, RD telah mencatat  bahwa pria cenderung lebih menyukai daging, sementara wanita cenderung lebih mengkonsumsi karbohidrat. Namun wanita cenderung lebih tahu apa yang seharusnya mereka konsumsi dibandingkan pria.

Tingkat emosi yang berbeda

Emosi adalah salah satu aspek yang harus dikendalikan saat diet. Wanita biasanya lebih cenderung mencaci-maki diri ketika dietnya tidak berhasil dan memakan waktu yang cukup lama daripada pria. Hal ini membuat wanita lebih mudah menyerah dan berhenti melakukan diet. Untuk itu baik pria ataupun wanita hendaknya lebih mampu mengontrol emosi agar diet tetap terjaga.(Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *