6 Kebiasaan Yang Membuat Anda Gemuk

Penumpukan lemak yang membuat bobot tubuh semakin berat dan gemuk tidak terjadi begitu saja. Banyak aspek yang menyebabkan berat badan berlebih hingga obesitas.

Tidak hanya dari nutrisi yang masuk ke tubuh dan faktor genetik saja, gaya hidup juga memiliki pengaruh yang besar atas terjadinya kegemukan. Berikut Reps ulas 6 kebiasaan yang membuat Anda gemuk dan harus dihindari.

Tidak mengikuti jadwal makan

Kebanyakan orang mengabaikan jadwal makan dan makan apapun yang mereka ingin makan dalam jumlah yang mengenyangkan. Ini adalah kesalahan besar untuk menjaga berat badan.

Untuk itu mereka yang ingin tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar biasanya melakukan diet. Dalam program diet, jadwal makan, jenis makanan, dan jumlahnya akan diatur dengan baik.

Sebuah penelitian dalam Journal of Biological Rythms menemukan bahwa selain kuantitas dan kualitas makanan, saat kita makan merupakan aspek penting dari kebiasaan makan yang sehat. Mengoptimalkan waktu makan memiliki manfaat pada kesehatan yang signifikan.

Baca juga: Jadwal makan yang tepat untuk membangun otot.

Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk

Pekerjaan di depan komputer membuat mobilitas Anda terganggu. Gaya hidup yang kurang aktif juga merupakan penyebab beberapa penyakit termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang membuat Anda harus duduk berlama-lama, cobalah untuk memasukkan gerakan NEAT (thermogenesisi aktivitas non-olahraga) ke dalam rutinitas kerja Anda agar gaya hidupnya Anda lebih aktif.

Makan terlalu dekat dengan jam tidur

Meski makan malam tidak boleh dilewatkan, namun makan malam terlalu terlambat dapat berakibat buruk pada kesehatan, termasuk membuat Anda gemuk. Dengan makan terlalu dekat dengan jam tidur, Anda tidak memberikan cukup waktu untuk membakar kalori ekstra.

Jika Anda tidak dapat mengatur waktu makan malam dan waktu tidur dengan tepat, pastikan menambahkan sesi kardio diantara keduanya untuk meningkatkan metabolisme sebelum tidur. Hal ini dapat membuat tubuh tidak membangun cadangan lemak.

Tidak konsumsi cukup air

Minum cukup air putih juga berpengaruh pada berat badan dan mencegah kegemukan. Jika Anda mengonsumsi sedikit air (tidak mencukupi kebutuhan harian), beberapa masalah tubuh seperti timbunan lemak, sakit kepala, jerawat, dan masalah pencernaan akan muncul.

Dengan tetap terhidrasi, tubuh akan mengeluarkan racun, lemak berlebih, meningkatkan kesehatan kulit, serta meningkatkan fungsi otak. Konsumsi 8-12 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Stres

Salah satu alasan paling umum seseorang mengalami kegemukan adalah stres. Peningkatan stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan lingkar pinggang yang membengkak.

Selain itu, kadar kortisol juga dapat menyebabkan penurunan hormon testosteron, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk membangun massa otot.

Melewatkan sarapan

Orang yang ingin menurunkan berat badan atau takut gemuk sering kali mengurangi porsi dan waktu makan. Termasuk melewatkan waktu sarapan. Sarapan adalah hal yang paling penting setelah berpuasa kurang lebih 8 jam (saat tidur).

Merampas kalori dan makro esensial yang didapat saat sarapan dapat membuat tubuh menyimpan lemak dan membuat Anda gemuk. Untuk itu penting untuk tidak melewatkan sarapan sebelum beraktivitas.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *