Air Kelapa Solusi Sehat Cegah Dehidrasi

Semakin banyaknya produk minuman olahan, semakin banyak pula masyarakat yang beralih dari air putih ke minuman yang lebih nikmat di lidah. Padahal kandungan gula dan beberapa zat lainnya justru tidak baik untuk kesehatan. Salah satu solusi untuk memuaskan rasa haus sekaligus memanjakan lidah Anda adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Selain rasanya yang manis dan segar, banyak manfaat sehat yang Anda dapatkan saat mengonsumsinya. Juga tidak ada kandungan pemanis, bahkan pengawet.

Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh:

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Selain untuk menghidrasi tubuh, air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan dari segelas air kelapa (240 ml) yakni:

  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Magnesium: 15% dari RDI
  • Mangan: 17% dari RDI
  • Kalium: 17% dari RDI
  • Sodium: 11% dari RDI
  • Kalsium: 6% dari RDI

Memiliki sifat antioksidan

Saat metabolisme berlangsung, tubuh menghasilkan molekul tidak stabil bernama radikal bebas. Produksi molekul ini akan meningkat saat tubuh merasa stres atau cedera. Ketika radikal bebas terlalu banyak, tubuh akan berada dalam kondisi stres oksidatif. Kondisi ini dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Air kelapa memiliki antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh lewat beberapa penelitian pada hewan (tikus), meski belum ada studi yang mempelajari efek antioksidan ini pada manusia.

Mencegah penyakit kronis

Air kelapa dipercaya dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hingga batu ginjal karena dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, air kelapa juga mencegah kristal urin (penyebab terjadinya batu ginjal) menempel pada ginjal, meski hal-hal tersebut baru dibuktikan lewat penelitian pada hewan.

Menghidrasi sekaligus mengisi kembali elektrolit tubuh

Setelah beraktivitas berat, termasuk salah satunya berolahraga, tubuh perlu asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Mengonsumsi air kelapa tidak hanya mengganti cairan yang hilang saat beraktivitas, namun juga mengisi kembali elektolit, yakni mineral yang menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Catatan

Air kelapa merupakan pilihan terbaik untuk menghidrasi tubuh setelah melakukan aktivitas, termasuk berpuasa. Namun agar tetap sehat dan kandungannya tetap terjaga, hindari penambahan gula atau pemanis lainnya. Anda dapat menyimpannya di lemari pendingin terlebih dahulu agar lebih segar saat dinikmati.

Meski kini Anda dapat dengan mudah menemukan air kelapa kemasan di pasaran, pastikan komposisinya bebas dari penambahan pemanis dan juga pengawet. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *