Amankah Berhubungan Seks Saat Menstruasi?

Menstruasi adalah momen reproduksi yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Saat proses itu terjadi, biasanya wanita enggan untuk melakukan hubungan seksual karena merasa tidak nyaman. Selain itu berhubungan seks saat menstruasi menjadi hal yang tabu bagi beberapa tradisi, budaya, dan agama.

Namun ternyata dari sisi medis, melakukan hubungan intim saat menstruasi tidaklah salah. Bahkan ada beberapa manfaatnya bagi tubuh. Berikut Reps ulas secara lengkap di artikel ini.

Manfaat

Membantu meredakan kram

Ternyata berhubungan intim dapat membantu meredakan kram saat haid. Hal ini karena ketika mencapai orgasme, otot rahim akan berkontraksi dan lapisan dinding rahim akan terlepas. Selain meredakan kram, seks juga dapat memicu endorfin yang membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi serta sakit kepala yang sering terjadi pada beberapa orang.

Mempersingkat masa haid

Saat menstruasi, lapisan dinding rahim akan menebal dan meluruh menjadi darah yang keluar melalui vagina. Kontaksi otot saat orgasme bisa mendorong isi rahim, termasuk lapisan yang luruh untuk keluar lebih cepat. Hal inilah yang dapat membuat masa haid menjadi lebih singkat.

Meningkatkan gairah seksual

Saat ovulasi terjadi, gairah seks atau libido akan meningkat. Ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi sesaat sebelum haid, sehingga sebelum hingga masa haid berlangsung Anda cenderung akan mudah bergairah.

Baca juga: Latihan fitness yang tepat untuk membakar gairah seksual Anda.

Risiko kehamilan rendah

Saat Anda berhubungan intim saat menstruasi, risiko kehamilan akan lebih rendah dibandingkan saat Anda tidak menstruasi. Namun meski begitu untuk mencegah terjadinya kehamilan, Anda masih perlu menggunakan pengaman.

Efek samping

Meski dari sisi medis relatif aman, berhubungan seks saat menstruasi memberikan efek tidak nyaman, seperti darah yang dapat mengenai pasangan dan mengotori tempat tidur. Selain itu kebanyakan wanita merasa minder ketika berhubungan seks saat menstruasi, terutama saat aliran darahnya deras.

Selain itu, melakukan hubungan intim saat haid juga meningkatkan risiko penyebaran infeksi menular seksual (IMS) seperti HIV atau hepatitis. Virus ini hidup di dalam darah dan dapat menyebar melalui kontak dengan darah. Untuk itu Anda perlu menggunakan pengaman, seperti kondom untuk mengurangi risiko penularan atau tertular IMS.

(Ayu/berbagai sumber)

One thought on “Amankah Berhubungan Seks Saat Menstruasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *