Awas Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentah

Ketika berbicara mengenai kasus keracunan yang disebabkan oleh makanan. Bakteri bernama Salmonella tidak dapat diabaikan begitu saja.  Selain salmonella masih ada beberapa bakteri lagi yang dapat menyebabkan keracunan. Nah berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah dilansir dari thehealthy.

Kentang

Kentang adalah makanan pokok sekaligus pengganti nasi yang sangat baik. Tetapi jangan pernah untuk konsumsi kentang dalam keadaan mentah. Menurut Lisa Davis, PhD, Kepala petugas nutrisi di Terra’s Kitchen, mengkonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal karena kentang mengandung pati yang sulit untuk dicerna.

Dengan memasak kentang, dapat memecah pati tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi. Lebih buruk lagi, jika kentang mentah didiamkan dalam waktu lama di suhu yang hangat atau lembab, mereka dapat berubah menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine. Jika kentang tampak mengandung bintik-bintik hijau, Anda harus menghindari memakannya sama sekali, karena solanin dapat menyebabkan gejala seperti keracunan makanan.

Kacang Merah

Kacang merah adalah makanan sehat yang berbahaya jika dimakan dengan cara yang salah. Kacang merah mengandung banyak protein, serat, dan antioksidan, tetapi memakannya mentah bisa mendatangkan malapetaka pada perut Anda. “Kacang merah mentah mengandung toksin phytohemagglutinin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan gejala yang mirip dengan keracunan makanan,” kata Davis. Pastikan Anda merebus kacang merah selama setidaknya sepuluh menit sebelum memakannya.

Susu

Yang kami maksud disini adalah susu mentah. Hah? Susu mentah? Susu mentah disini adalah yang langsung diperah dari sapi tanpa melewati proses pasteurisasi. Menurut FDA susu mentah dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella.

Daging dan Unggas

Mengkonsumsi daging sapi, babi, ayam dan turkey mentah atau kurang matang dapat sangat berisiko mengandung campylobacter. Selain itu mengandung Salmonella, Clostridium perfringens, dan bakteri lain. Daging mentah mungkin mengandung Salmonella, E. coli, Yersinia, dan bakteri lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *