Bangun Otot Lebih Besar Dengan German Volume Training

Otot mengalami stagnasi dan berhenti tumbuh? Dobrak batas otot Anda dengan teknik German Volume Training (GVT).

Ada Kalanya otot telah terbiasa oleh latihan yang Anda lakukan. Hal ini membuat pertumbuhan otot Anda melambat, atau bahkan berhenti (stagnasi). Solusinya adalah, Anda harus mengganti teknik latihan Anda dengan cara latihan yang lebih menantang, salah satunya adalah German Volume Training (GVT).

Apa itu GVT?

German Volume Training (GVT) adalah latihan tingkat tinggi yang populer pada tahun 1996 setelah diulas oleh majalah Muscle Media 2000.

Cara kerjanya adalah dengan melakukan 10 repetisi dalam 10 set untuk gerakan latihan compound tunggal dengan beban yang sama. Tujuannya untuk melihat apakah Anda dapat menyelesaikan seluruh set tanpa gagal.

Baca juga: Mengenal gerakan compound dan isolation untuk otot yang massive

Jika Anda berhasil, Anda dapat meningkatkan berat beban Anda di sesi latihan otot tersebut berikutnya. Ingatlah bahwa teknik ini hanya boleh dilakukan dalam latihan satu kelompok otot saja pada hari itu.

Ketika berpindah set, Anda boleh beristirahat 60-90 detik. Tetapi ketika 10 x 10 set itu gagal, Anda harus mengulang dari awal dengan beban yang sama pada waktu yang sama. Untuk hasil lebih baik tambahkan satu atau dua gerakan isolasi dalam satu kali latihan.

Hal yang perlu diperhatikan

Karena teknik ini termasuk intensitas tinggi, penting bagi Anda untuk mengimbangi latihan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mencukupi kebutuhan kalori, seperti karbohidrat, protein, air, dll. Pastinya kebutuhan kalori akan lebih besar karena aktivitasnya juga berat. Selain itu, jangan lupa cukupi waktu istirahat untuk pemulihan tubuh dan otot Anda.

Contoh latihan

Jika Anda masih bingung bagaimana melakukan teknik ini, Anda dapat mencoba contoh berikut ini. Jangan lupa pusatkan pikiran Anda pada stimulasi otot sehingga hasilnya lebih maksimal.

  • Dumbell Bench Press: 10 set x 10 repetisi.
  • Bent Over Barbell Rows: 10 set x 10 repetisi.
  • Butterfly: 3 set x 10-15 repetisi.
  • Incline Bench Pull: 3 set x 10-15 repetisi.

Penutup

GVT dapat menjadi salah satu teknik yang dapat Anda gunakan untuk menaikan level otot ke tingkat lanjut. Namun untuk menunjukkan hasil, Anda tetap perlu berproses dan mendukungnya dengan nutrisi yang seimbang. Jika teknik ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba teknik lain yang lebih menantang otot Anda.
(Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *