Berat badan tetap stabil dengan diet dukan

3

Begitu banyaknya metode menurunkan berat badan, mulai dari pola diet hingga cara ekstrim dengan alat-alat modern. Setiap orang memiliki pilihan masing-masing untuk mengatasi tumpukan lemak yang bersarang didalam tubuh. Tapi kembali, pilihan terbaik adalah yang paling aman dan justru menyehatkan.

Kali ini Reps akan memperkenalkan pada Repsmania salah satu pola diet yang aman dan mampu menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Diet ini dikenal dengan nama diet Dukan. Diet yang berhasil menjadi diet paling sukses di Perancis ini, dipercaya mampu menurunkan berat badan sebanyak 10 pon dalam seminggu (4,5 kg-5 kg).

Diet Dukan diciptakan pertama kali oleh Dr. Pierre Dukan seorang ahli nutrisi dan spesialis perilaku makan pada tahun 2000. Pada saat itu ia membuat buku yang bejudul The Dukan Diet yang berisi panduan melakukan Dukan diet dan berhasil menjadi best seller di Perancis.

4

Prinsip Dukan diet adalah bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat dan tidak membuat berat badan Anda kembali secepat Anda menurunkan berat badan. Anda boleh mengkonsumsi berbagai makanan selama itu ada didalam daftar menu makanan diet Dukan. Jadi Anda tidak perlu takut merasa lapar.

Dikutip dari femina.co.id, Emilia E.Achmadi,MS., RD. dari Healthy Lifestyle Program berpendapat bahwa orang yang kelebihan berat badan umumnya banyak mengkonsumsi karbohidrat dan memiliki simpanan lemak berlebih. Untuk membakar lemak berlebih itu, asupan karbohidrat dapat dihentikan sementara dan diganti dengan asupan nutrisi yang meningkatkan metabolisme, yaitu protein. Namun orang dalam kondisi kesehatan rata-rata tidak perlu menjalani pola makan tinggi protein seperti ini.

Selain itu, menurut Emilia, sebuah pola makan seharusnya tidaklah eksklusif atau memilah-milah makanan. Konsumsi makanan hewani maupun nabati haruslah seimbang sesuai dengan kebutuhan aktivitas tubuh. Pola makan yang mengharuskan konsumsi protein hewani saja sebagai asupan utama juga akan membutuhkan biaya yang besar, sehingga tidak bisa terjangkau semua orang.

Diet Dukan terbagi dalam 4 fase, yakni:

5

#1 Fase Attack

Fase yang pertama adalah fase serangan. Dimana Anda harus membiasakan diri mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein. Biasanya fase ini berjalan 3-10 hari, sesuai dengan target Anda dalam menurunkan berat badan. Mengapa hanya mengkonsumsi protein? Karena dalam fase ini pola makan Anda akan membersihkan kelebihan air didalam tubuh, menurunkan nafsu makan karena zat ketonik yang muncul saat tubuh mengkonsumsi protein dapat menekan nafsu makan dan menjaga otot serta kulit. Dalam fase ini Anda sebaiknya mengimbangi pola makan Anda dengan meminum air putih yang cukup.

#2 Fase Cruise

Setelah berhasil pada fase yang pertama, Anda akan beranjak pada fase selanjutnya yakni fase cruise. Fase ini tidak jauh berbeda dengan fase awal, hanya saja di fase ini Anda dapat mengkombinasi makanan Anda dengan sayur-sayuran. Namun tidak diperbolehkan mengkonsumsi sayuran yang mengandung karbohidrat seperti (kentang, jagung, buncis, dll). Anda lakukan fase ini sampai berat badan Anda tercapai.

#3 Fase Konsolidasi

Setelah mencapai berat badan yang Anda inginkan, Anda bisa melangkah ke fase konsolidasi. Mengapa masih harus ketahap selanjutnya setelah Anda berhasil? Karena jika Anda melepas diet Anda begitu saja berat badan Anda akan kembali seperti sebelumnya. Fase konsolidasi inilah yang mencegah berat badan Anda kembali berlebihan.

Di dalam fase konsolidasi Anda diperbolehkan kembali mengkonsumsi makanan yang Anda hindari seperti (nasi, roti, pasta dan keju) secara bertahap dan terkontrol. Anda juga boleh mengkonsumsi “celebration meals” dalam sepekan untuk merayakan keberhasilan Anda mencapai target. Setiap 1 kg berat badan, lakukan 10 hari konsolidasi. Ini bertujuan untuk mengatur keseimbangan tubuh dan mencegah kebiasaan lama Anda.

#4 Fase Stabilitasi

Fase stabilitasi adalah fase terakhir yang harus Anda anut seumur hidup. Karena berat badan Anda telah stabil, Anda boleh mengkonsumsi makanan apa saja yang Anda inginkan dengan 2 syarat, yakni:

  • Menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengkonsumsi protein murni (disarankan pada hari kamis) selama seumur hidup.
  • Makan tiga sendok makan oats meal atau sereal setiap hari.

Daftar makanan diet Dukan

1

Sebelum memulai diet dan menjalani fase-fasenya, Anda harus tahu apa saja makanan yang boleh di konsumsi saat menjalani diet Dukan ini.

Protein Murni: Dimulai pada fase attack

  • Daging tanpa lemak (berbagai macam daging tanpa kandungan lemak),
  • daging unggas,
  • ikan,
  • kerang-kerangan (kepiting, udang, lobster, octopus, cumi-cumi),
  • Protein nabati (tempe, tahu), dan
  • Produk olahan susu bebas lemak.

Sayur-sayuran

  • Fase Cruise : Tauge, asparagus, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, mentimun, terong, kacang hijau, kale, jamur, labu, lobak, bayam, tomat, selada, dll.
  • Fase Konsolidaso : Kentang, jagung, dll.

Lain-lain

  • Konjak (gel dari buah konjak) untuk mengenyangkan Anda karena mengandung banyak serat,
  • Olive oil (dikonsumsi pada fase cruise), dan
  • Goji berry (dikonsumsi pada fase attack).

(Ayyuni S./Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *