Cara Mengatur Diet Sehat di Kantor

Anda kesulitan mengatur pola makan sehat saat di kantor sehingga berdampak pada diet yang berantakan? Kebanyakan mereka yang bekerja di kantor merasakannya. Kesibukan yang menyita waktu sehingga tidak sempat makan siang, hingga akhirnya memilih makan di meja kerja sambil menyicil pekerjaan. Menu yang dipilihpun yang ada disekitaran kantor saja, padahal belum tentu makanan tersebut terjamin kesehatannya.

Disamping itu makan bersama rekan kantor memang lebih menyenangkan, namun bagaimana jika pilihan makannya tidak sesuai dengan diet Anda? Selain itu kebanyakan menu makanan dan minuman yang dijual adalah fast food atau junk food. Lalu bagaimana caranya mengatur diet Anda di kantor agar tidak berantakan?

Reps punya solusinya berikut ini:

Sarapan di rumah

Sarapan adalah awal yang penting sebelum memulai aktivitas. Untuk itu Anda tidak boleh melewatkannya. Selain sebagai bekal energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi secara efektif dan membantu mengontrol diet Anda seharian. Anda mungkin memiliki masalah dengan mengendalikan rasa lapar, itu kemungkinan karena makanan tidak sehat yang Anda konsumsi dipagi hari.

Alasan lain untuk sarapan di rumah adalah karena sebagian besar makanan ringan yang dijual di luar adalah makanan yang tidak sehat. Jadi jika Anda tidak punya waktu untuk sarapan di rumah, Anda dapat mempersiapkan sarapan Anda untuk dikonsumsi di tempat kerja. Misalnya; roti gandum dengan selai kacang, oat meal dengan kacang dan buah kering, atau secangkir yoghurt.

Meningkatkan konsumsi air

Jika Anda mudah merasa lapar, cara mengatasinya adalah dengan meminum lebih banyak air. Tidak hanya mengatasi lapar, minum air putih juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Dengan meminum segelas air saat Anda lapar, maka Anda akan merasa sedikit lebih kenyang sehingga mencegah ngemil makanan yang tidak sehat. Minum lebih banyak air juga dapat meningkatkan penurunan berat badan. Merasa lapar mungkin indikator Anda merasa haus.

Bagilah porsi makanan Anda

Jika Anda terbiasa makan dalam porsi besar saat makan siang, Anda dapat menyiasatinya dengan membagi porsi makan Anda. Jadi ketika beberapa jam kemudian Anda merasa lapar, Anda dapat mengkonsumsi lagi makanan Anda. Dengan begitu porsi makan Anda tidak berlebihan.

Membawa bekal makan siang sehat

Nasi padang, mie ayam, ayam goreng dan lain-lain biasanya mudah ditemukan di sekitar Anda sebagai menu makan siang. Namun tentu saja dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut berat badan Anda tidak akan terkontrol. Untuk itu Anda perlu membawa bekal makanan sehat dari rumah yakni sayuran, nasi merah, daging tanpa lemak yang dioleh sesuai dengan selera Anda. Selain sehat, cara ini juga dapat Anda gunakan untuk berhemat loh.

Kurangi konsumsi kopi

Bagi pekerja kantoran, kopi adalah minuman yang populer karena mampu menstimulasi otak dan memberikan dorongan energi. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, kandungan kafein di dalamnya dapat membahayakan tubuh. Selain itu gula dan krim yang biasa dicampur dengan kopi juga memiliki kalori yang tinggi. Anda akan kesulitan mengendalikan asupan kalori jika Anda sudah terlanjur ‘addict´ dengan kopi. Untuk itu minumlah kopi dalam kadar cukup, yakni satu cangkir kecil setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *