Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Tidak perlu menerapkan diet bak binaraga, kecuali jika Anda ingin terjun sebagai atlet binaraga. Jika Anda hanya ingin menurunkan bobot tubuh agar ideal cukup konsumsi makanan-makanan sehat dengan porsi secukupnya.

Selain itu ada beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan:

Minum air sebelum makan

Menurut penelitian, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat menciptakan rasa kenyang, sehingga dapat menghindari kalap makan yang mengakibatkan obesitas. Selain itu, Anda perlu sadari bahwa rasa haus terkadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, dan hanya makan pada waktunya. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang Anda konsumsi dapat berkurang.

Sarapan

Tahukah kamu, sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan? Dengan sarapan, Anda dapat mengurangi keinginan untuk ngemil di antara jam makan.

 Membiasakan diri sarapan juga membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang.

Konsumsi makanan yang tepat

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berta badan, disarankan untuk konsumsi sayur dan protein tinggi. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain itu, usahakan untuk menjauhi makanan yang digoreng. Selain tidak sehat untuk tubuh, makan makanan yang digoreng dapat mengakibatkan penumpukan lemak di tubuh Anda.

Makan dalam porsi kecil

Untuk mensiasati makan dalam porsi kecil, gunakan piring dengan ukuran kecil. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat Anda terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 5-6 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Istirahat

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Sebab, saat Anda kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.