Cara Sehat Saat Memasak Telur

o-BROWN-EGGS-VS-WHITE-EGGS-facebook

Oleh Fikry Hizbullah

Bosan dengan telur orak-arik yang selalu menghiasi menu sarapan Anda di kala pagi? Ini adalah saat yang tepat untuk meng-upgrade menu sarapan telur Anda. Tidak ada yang lebih enak daripada menemukan cara baru memasak telur untuk sarapan. Tentu saja, dengan cara yang sehat juga.

Telur sudah dianggap sebagai makanan yang sehat oleh para pelaku fitness, tentu karena kandungan protein dalam putih telur yang dapat menjaga massa otot Anda usai latihan di gym. Namun, kata sehat itu akan hilang jika Anda memasaknya menggunakan minyak atau mentega.

Jika Anda memiliki ide untuk membuat hidangan sehat dengan telur sebagai bahan utama, maka Anda harus mengubah gaya memasak. Berikut adalah beberapa cara sehat dalam memasak telur

Rebus

in-pot

Ada dua cara dalam merebus telus; merebus dengan cangkang atau tanpa cangkang. Teknik ini tergolong mudah, bahkan anak-anak remaja pun dapat melakukan hal ini. Cukup didihkan air, kemudian masukkan telur dan tunggu hingga matang.

Adapun untuk merebus tanpa cangkang, Reps mania hanya tunggu hingga air hingga mendidih kemudian ceplokkan telur ke dalam air, jangan tunggu terlalu lama kemudian angkat.

Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi jumlah kalori yang tidak diinginkan. Hal ini juga mengurangi kesempatan Anda memiliki penyakit jantung atau diabetes.

Kukus

SONY DSC

Dari segi kualitas, telur kukus memberikan hasil yang lembut karena telur dimasak dengan cara yang lebih ringan. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada pada telur kukus lebih tinggi dibandingkan telur rebus. Dan mengukus telur adalah cara terbaik jika Anda mengingkan telur tanpa retak pada cangkangnya.

Itulah beberapa cara sehat dalam memasak telur, Anda dapat tambahkan gandum dan sayuran untuk mengimbangi diet harian Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak mineral dan vitamin, makan kuning telur, tetapi jika Anda ingin memiliki kalori dan lemak yang lebih rendah, putih telur jadi opsi yang tepat. Namun, jika Anda ingin seluruh paket nutrisi, makanlah keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *