Cegah Lemak di Perut Dengan Buah Nanas

pineapple-1441352486k4ng8

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan buah yang satu ini. Buah dengan citra rasa asam manis berdaging kuning, sering kali diolah menjadi rujak, selai, hingga dicampur dengan bahan masakan. Buah tropis yang banyak diminati lantaran rasa dan kandungannya bermanfaat bagi tubuh, dapat dengan mudah ditemukan dipasaran karena banyak tumbuh di Indonesia.

Buah bersisik duri ini sebenarnya berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Namun karena Indonesia sendiri beriklim tropis, maka buah nanas tumbuh dengan subur didataran Indonesia. Buah nanas mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh, diantaranya:

  • Vitamin C,
  • Vitamin A,
  • Kalsium,
  • Fosfor,
  • Magnesium,
  • Besi,
  • Natrium,
  • Kalium,
  • Dekstrosa,
  • Zat asam amino,
  • Sukrosa, dan
  • Enzim Bromelain.

Manfaat mengkonsumsi buah nanas:

nanas

Menjaga kesehatan mata

Nanas mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini juga dapat kita temukan pada wortel, jadi mengkonsumsi nanas setiap hari dalam jumlah cukup sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata Anda.

Sebagai penguat imunitas tubuh

Kandungan vitamin C didalam buah nanas dapat menjadi antioksidan yang kuat. Ditambah lagi dengan zat asam amino yang terkandung didalam buah nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tidak mudah kelelahan.

Menguatkan tulang

Mengkonsumsi nanas dapat bermanfaat pula untuk menguatkan tulang karena mengandung mineral dan mangan yang melimpah. Didalam satu cangkir jus nanas mengandung ± 73 % mangan yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Manfaat-Buah-Nanas

Mencegah hipertensi

Bagi Anda yang mengidap hipertensi, nanas dapat menjadi solusi yang baik untuk Anda. Buah nanas mengandung kalium yang tinggi namun dengan sodium yang rendah sehingga sangat baik untuk menormalkan tekanan darah Anda.

Meredakan mual

Pada dasarnya nanas memang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, ibu hamil boleh mengkonsumsinya dalam jumlah kecil dan periode waktu yang jarang untuk meredakan mual saat morning sickness dipagi hari. Rasa nanas yang asam manis dapat meredakan rasa mual.

Kecantikan kulit

Selain untuk kesehatan, nanas juga dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin C dan asam amino dapat membantu mempercepat perbaikan sel kulit.

pineapple-diet

Mengurangi lemak perut

Nanas merupakan salah satu buah yang dapat Anda konsumsi sebagai menu diet Anda. Selain rasanya yang segar, nanas dipercaya dapat mengurangi lemak yang bersarang diperut. Buah bersisik ini mengandung enzim bromelanin yang mambantu pencernaan dalam usus untuk mencerna lemak pada makanan yang kita makan. Selain itu enzim bromelanin dapat mengontrol nafsu makan sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar serta meningkatkan ekskresi lemak. Ditambah lagi nanas termasuk dalam makanan yang katabolik, yang artinya tubuh akan mengeluarkan kalori lebih banyak untuk mencerna buah nanas daripada kandungan kalori yang tersimpan dalam buah nanas, sehingga sangat baik dikonsumsi dalam upaya mengurangi lemak tubuh.

Efek samping buah nanas

9-0-0-0-0-Dibalik manfaatnya, nanas juga memiliki efek samping bila dikonsumsi berlebihan. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini dan harus mengetahui siapa saja yang tidak boleh mengkonsumsi buah nanas. Efek samping tersebut adalah:

    • Untuk ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi nanas, khususnya nanas muda karena nanas muda dapat menjadi abortivum yang dapat menggugurkan kandungan. Bila hendak mengkonsumsinya sebagai pereda rasa mual, konsumsilah nanas yang sudah matang dengan jumlah sedikit (setengah bagian) dan tidak boleh terlalu sering karena dapat mengakibatkan gangguan pada kandungan.
    • Untuk Anda yang menderita rematik, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak. Karena saat dicerna buah nanas akan berfermentasi menjadi alkohol sehingga akan memperparah penyakit rematik dan radang sendi.
    • Untuk anda yang menderita diabetes, sebaiknya Anda menghindari konsumsi nanas karena kandungan gula pada nanas sangat tinggi.

Mengkonsumsi nanas berlebihan dapat memicu terjadinya alergi, gatal pada lidah, hingga sakit kepala. Untuk itu sebelum dikonsumsi ada baiknya Anda merendam nanas yang akan Anda makan pada air garam terlebih dahulu.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *