Gempur lemak tubuh dengan body combat

waLKING KNESS

Jika sebelumnya, di era tahun 90an anda mengenal senam aerobik dengan sebutan senam SKJ. Maka seiring berkembangnya zaman, olahraga aerobik kini telah ditransformasikan menjadi suatu gerakan yang lebih inovatif. Salah satunya dengan mengkolaborasikan olahraga senam dengan martial art movements, atau sering kali orang menyebutnya dengan ‘body combat’.

Olahraga yang tergolong jenis aerobik ini cukup memberikan impact positif bagi pembentukan otot serta pembakaran lemak, sehingga kepemilikan tubuh atletis akan mudah terbentuk. Kelas ini pertama kali dirilis dan dipublikasikan Les Mills International pada tahun 1999 tepatnya di Negara New Zealand, dimana Body combat merupakan kombinasi gerakan yang mengadopsi dari beberapa cabang martial art, seperti: karate, boxing, muaythai, capoeira dan taichi. Selain itu, iringan musik serta koreografi yang ter-update selama tiga bulan sekali, membuat gerak tubuh menjadi lebih energik dan atraktif sehingga anda tidak akan merasa bosan. Berikut beberapa pembahasan singkat seputar body combat yang mampu membakar lemak ekstra cepat, dan perlu dipastikan tubuh anda bergerak dengan maksimal.

body-combat-1

Manfaat

Saat ini kehadiran Body combat memang cukup popular dikalangan fitness mania, karena dapat meningkatkan kemampuan kardio vascular menjadi lebih baik sehingga peredaran darah dalam tubuh bekerja sempurna. Selain itu tingkat pembakaran kalori yang dihasilkan jauh lebih baik. Namun pada dasarnya, gerakan body combat dimaksudkan untuk melatih keseimbangan tubuh anda dengan pola kecepatan gerak serta ketepatan dalam bertindak. Dengan demikian tubuh akan terlatih menjadi gesit dan lincah.

Body combat9)

Sedikit berbicara mengenai jumlah pembakaran kalori yang dihasilkan tubuh saat melakukan body combat. Maka banyak pendapat ahli olahraga menyebutkan, bahwa dengan body combat tubuh akan membakar kalori sebanyak 300-800 kalori /jam tergantung dengan intensitas seseorang saat berlatih. Ini artinya,  semakin rutin anda berlatih 3 kali dalam seminggu, maka semakin banyak pula jumlah pemangkasan lemak yang ada pada tubuh. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya yang akan anda peroleh jika teknik tersebut dilakukan dengan tepat. Diantaranya meningkatkan self confidence serta pembentukan otot pada tubuh bagian lengan, paha, hingga otot perut.

“Setiap orang tentu memiliki sisi fighter nya masing-masing, sehingga dengan mengikuti kelas aerobik body combat seseorang akan mendapatkan feeling untuk membela diri walaupun bersifat non contact. Kemudian manfaat lainnya adalah pembentukan otot dari setiap gerakan yang dilakukan ”Ujar Ponnie” yang merupakan instruktur terbaik di Gold Gym.

Body combat bagi penderita obesitas

Tidak ada batasan usia, gender, hingga postur tubuh sekalipun jika mengikuti kelas aerobik ini. Semuanya berhak mendapatkan pelayanan kebugaran dalam mewujudkan tubuh sehat, tidak terkecuali bagi anda yang menderita obesitas. Anda dapat melakukan gerakan tersebut sesuai dengan batas kemampuan tubuh yang disanggupi, tidak perlu ngoyo untuk melompat atau bahkan menendang dengan kaki yang tinggi. Cukup dengan bergerak cepat sesuai instruksi yang diperagakan instruktur, maka pembakaran lemak pun dapat lebih Anda rasakan.

Gerakan Body Combat

les-mills-body-combat02

Pada hakikatnya, setiap olahraga selalu didahulukan dengan pemanasan dan kemudian ditutup dengan pendinginan. Berikut beberapa tahapan serta gerakan yang ada dalam body combat :

1. Pemanasan

Pada tahap ini seluruh gerakan terfokus pada pemanasan otot-otot, diikuti dengan mempelajari teknik dasar dari beberapa gerakan martial art. Diantaranya, sepeti melakukan kuda-kuda yang aman, sikap pukulan serta tendangan yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut pada tahap latihan inti.

2. Inti

Satu hal yang tak kalah menariknya ketika mengolah tubuh melalui body combat, disini anda akan dibuat berkeringat dengan menekankan intensitas kecepatan pada tinju, tendangan, dan langkah kaki. Semakin banyaknya gerakan beladiri yang dikombinasikan, maka semakin banyak pula teknik kesulitan yang akan  ditemukan. Oleh karenanya, tetap terus perhatikan antara gerakan anda dengan instruktur.

3. Pendinginan

Dipenghujung sesi, gerakan aerobik body combat lebih dominan dengan teknik beladiri taichi dan yoga. Tujuannya untuk merekondisikan tubuh dengan mengembalikan sistem pernafasan, diimbangi gerak tubuh yang perlahan-lahan. Lakukanlah penuh penjiwaan, agar tubuh lebih merasakan manfaat kebugarannya.

Tips menghindari cidera

g1

1. Mulailah dengan intensitas rendah

Bagi anda yang baru mengikuti kelas aerobik ini, dianjurkan memulainya dengan intesitas rendah, yaitu dengan tidak melakukannya terlalu cepat dan juga tidak terlalu terburu-buru. Pertama-tama cermati dulu secara mendalam dengan teknik tendangan, pukulan dan langkah yang dimaksud, agar manfaat kontraksi otot yang dilakukan tepat mengenai sasaran. Selain itu lakukanlah stretching sebelum memulai pemanasan, agar otot-otot anda menjadi lentur.

2. Perhatikan instruktur

Ketika pikiran anda terfokus pada gerakan instruktur, maka anda akan terlindung serta terhindar dari berbagai cidera yang dialami selama berlatih, seperti bersenggolan, menendang teman dan lain sebagainya. Melihat dengan keterbatasan tempat dan banyaknya peminat yang menghadiri kelas tersebut, diusahakan agar anda tetap memperhatikan saran yang diintruksikan pelatih.

3. Kenali kemampuan diri kita

Mengapa tips ini perlu dilakukan? Pasalnya jika anda tidak mengenali kemampuan yang dimiliki, maka tubuh tidak akan merasakan khasiatnya. Jika kondisi badan sedang dalam keadaan tidak fit, maka anda tidak dianjurkan untuk mengikuti kelas aerobik ini.

4. Lakukan dengan penuh semangat

Kesulitan saat bergerak, bukan menjadi suatu alasan untuk terus melakukannya dengan penuh semangat dan sukacita. Hilangkan semua beban pikiran yang membuat suasana hati dalam keterpurukan, niscaya beban pikiran tersebut akan dapat terobati.

Mengutip dari pembahasan singkat tadi, maka dapat ditarik kesimpulan. Bahwa kelas body combat, merupakan suatu pelayanan kelas kebugaran yang layak untuk dijadikan program terbaik pembakaran lemak anda. Melihat besarnya jumlah pembakaran kalori yang dihasilkan tubuh, maka tidak perlu ragu jika anda seringkali mengikuti kelas tersebut. Sehingga impian anda untuk membangun tubuh atletis dapat terwujudkan. Selain itu segi positif dari gerakan beladiri anda akan tumbuh dengan sendirinya, meskipun anda belum memiliki basic martial art. Semoga dengan informasi diatas dapat menjadi referensi terbaik Anda untuk menentukan pilihan dalam program fat loss. (Alfian)

One thought on “Gempur lemak tubuh dengan body combat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *