Haruskah Anda Konsumsi Pisang Sebelum Latihan?

pisang

Konsumsi pisang sebelum latihan di dunia olahraga sudah menjadi hal yang lazim. Pasalnya buah kuning ini tidak hanya mudah dibawa, serbaguna, dan lezat tetapi juga kaya karbohidrat dan mudah dicerna.

Selain itu, mereka sangat bergizi dan dapat menawarkan manfaat tambahan lainnya untuk kinerja olahraga karena kandungan nutrisi penting mereka seperti kalium.

Artikel ini melihat lebih dekat pada apakah Anda harus makan pisang sebelum latihan berikutnya.

Tinggi Karbohidrat

Seperti buah-buahan lainnya, pisang merupakan sumber karbohidrat yang baik, dengan sekitar 27 gram karbohidrat dalam 1 pisang ukuran sedang.

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa (gula) atau diubah menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh Anda.

Mengkonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan simpanan glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan dalam otot dan hati yang digunakan untuk energi selama latihan.

Makan karbohidrat sebelum berolahraga dapat sangat bermanfaat untuk latihan dengan durasi yang lebih lama, seperti bersepeda atau jogging, karena hal itu dapat menunda seberapa cepat tubuh Anda harus menggunakan simpanan glikogen.

Sebuah studi menemukan pada 11 orang bahwa mengkonsumsi karbohidrat 15 menit sebelum lari dapat meningkatkan daya tahan dan meningkatkan durasi kelelahan hampir 13%.

Sumber Energi Yang Mudah Dicerna

Selain menyediakan karbohidrat dalam jumlah yang banyak di setiap sajian, beberapa karbohidrat dalam pisang adalah serat. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.

Pisang sering direkomendasikan untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau diare.

Untuk alasan ini, pisang bisa menjadi pilihan yang baik sebagai camilan sebelum latihan, karena pisang dapat memberikan energi yang tahan lama kepada tubuh tanpa membuat Anda tertekan atau menyebabkan perut buncit.

Kaya Akan Kalium

Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik dan menyediakan sekitar 10-14% dari nilai harian yang direkomendasikan dalam satu pisang sedang.

Kalium adalah mineral penting yang mengatur tingkat tekanan darah, mempertahankan fungsi saraf, dan mengontrol keseimbangan cairan.

Faktanya, kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan kram otot, yang ditandai dengan kontraksi otot yang tiba-tiba dan menyakitkan.

Mengingat bahwa kalium diekskresikan melalui keringat, penting bagi mereka yang aktif secara fisik untuk mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang kaya kalium untuk melengkapi elektrolit.

Satu studi pada 230 wanita menemukan bahwa mereka yang mengalami kram otot umumnya mengonsumsi jumlah kalium yang lebih rendah.

Konsumsi pisang sebelum latihan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalium untuk meningkatkan fungsi otot dan mencegah kram.

Kesimpulannya, Pisang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat dan kalium, yang keduanya penting untuk kinerja olahraga dan pertumbuhan otot.

Keduanya mudah dicerna dan dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, menjadikan pisang pilihan camilan yang hebat sebelum latihan.

Nikmati pisang atau coba pasangkan dengan sumber protein yang bagus seperti whey protein untuk camilan pra latihan yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *