Healthy food

APEL

Apple

Apapun jenisnya, dari mana saja asalnya, dan apapun warnanya, apel merupakan buah yang bermanfaat untuk kesehatan, memang apel mempunyai jumlah kandungan gizi dan mineralnya yang tinggi. Karena apel juga berguna menangkal radikal bebas, anti kolesterol, mempunyai indeks glikemik (indikator kecepatan peningkatan gula darah) yang sangat rendah dan dapat juga mengontrol keluarnya insulin, ini tentu saja sangat-sangat berguna bagi atlet binaraga dan fitnessmania yang rutin latihan beban dan tentu saja dengan dietnya.

Nggak hanya itu saja khasiat buah apel, masih banyak lagi. Diantaranya penyakit kanker, diabetes melitus, penyakit jantung, dll. Makanya ada ungkapan “An apple a day keeps the doctor away”, dan itu buaknnya ungkapan tanpa bukti. Karena banyak penyakit yang dapat divegah, apel dinobatkan sebagai dokter alarm bagi penduduk dunia.

Kandungan gizi:

58 kkal energi; 0,4 g lemak; 0,3 g protein; 14,9 gr karbohidrat; 900 IU vitamin A; 7 mg tiamin; 3 mg riboflavin; 2 mg niacin; 5 mg vitamin C; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 6 mg kalsium; 3 mg zat besi; 10 mg fosfor; clan 130 mg potasium (kalium). (Dari 100gr buah apel)

Kegunaan:

Sumber vitamin dan serat, dokter alarm bagi berbagai penyakit, juga buah yang berkhasiat untuk kecantikan dan juga dapat menurunkan berat badan.

ANGGUR

271156-grapes

Nggak kalah dengan buah-buahan lainnya. Anggur adalah buah yang sarat mineral (kalsium dan fosforus), vitamin A & B, glukos dan friktos. Penting jika Anda mengkonsumsi buah anggur memakannya beserta kulit dan bijinya. Karena biji anggur mengandung antioksidan pycnogenol yang mana berfungsi sebagai penguat kolagen dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ini jelas membantu dalam menghambat penuaan. Sedangkan kulitnya kaya akan kandungan flavonoid yang dapat merawat dan membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan. Dan Flavanoid tersebut mengandung antioksidan yang lebih besar dari Vitamin C. Tapi dengan setelah tahu bahwa di kulit dan biji anggur juga mengandung banyak manfaat, lalu malah Anda lupa untuk makan daging buahya.

Kandungan gizi:

Protein 0,7gr; lemak 0,3 gr; karbohidrat 17 gr; lemak 0; serat 0,9 gr; dan 6,5 kalori. Selain itu anggur juga kaya akan Vitamin C dan B6, serta mineral kalium. (Dari 100 gr anggur)

Kegunaan:

Sumber vitamin, mineral, zat antioksidan. Dapat membantu mengurangi resiko stroke, tekanan darah tinggi, menghambat proses penuaan, mencegah kerusakan gigi. Sedangkan untuk perokok sendiri, anggur membantu menghancurkan hidrokarbon (senyawa penyebab kanker).

Bagi anda atlet binaraga yang sering melakukan pertandingan, sangat penting untuk mengkonsumsi anggur saat pre kontes. Ini dapat membantu loading karbohdirat, guna memaksimalkan penampilan otot dalam pertandingan tersebut.

Karbohidrat pilihan:

PISANG

banana-7

Merupakan buah pilihan para fitnessmania dan para atlet binaraga. Nggak Cuma atlet binaraga lokal saja, tapi atlet binaraga luar negeripun gemar menyantapnya. Selain merupakan buah yang mudah didapat, kandungan gizi dan vitamin dari pisang sangat baik bagi tubuh.

Kandungan gizi:

Kalori (kal): 99; protein (gr): 1,2; lemak (gr): 0,2; hidrat arang (gr): 25,8; kalsium (mg): 8; fosfor (mg) g: 28; zat besi (mg): 0,5; vit. B1 (mg): 0,08; vit.B6 (mg): 2; vit.C (mg): 3; vit.A (mg): 146; air (gr): 72. (Contoh diambil dari: pisang ambon)

Kegunaan:

Sumber serat, vitamin, karbohidrat, dan tentunya bisa sebagai obat dari beberapa penyakit.

Enzim bromelain yang terkandung di pisang terbukti bisa meningkatkan libido pria. Juga zat potasium dan vitamin B dalam pisang, sanggup meningkatkan tenaga yang lemas.

BERAS MERAH

red-rice

Why? Tidak hanya kaya serat, beras merah juga terkenal kaya akan vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan. Dimana ada vitamin B kompleks, B1, B2, B6 dan juga asam tantoneat. Juga zat besinya yang tinggi, lalu selenium yang dapat membantu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel untuk mengurangi resiko kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

ROTI GANDUM

Rye-Bread

Why? Roti gandum atau yang lebih dikenal dengan sebutan whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti-oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding roti putih (roti biasa).

HAVERMOUT

blog90

Why? Tentunya merupakan pilihan yang tepat, karena tak hanya mengandung serat yang banyak, karena biasanya havermout diolah dengan kandungan gizi yang banyak juga. Selain itu havermout, beras merah dan roti gandum adalah makanan sumber karbo yang direkomendasikan bagi mereka yang peduli pada jantungnya. Bukan tanpa alasan karena ketiganya merupakan makana yang mempunyai serat larut yang dapat memangkas resiko penyakit jantung dengan cara mengikat kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein).

Sayur pilihan:

BROKOLI

Florets of broccoli ready to cook

Why? Dalam brokoli kaya akan vitamin, terutama vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Dan mengandung senyawa glukorafanin yang berfungsi mengumpulkan senyawa lain yang bersifat oksidatif sters, lalu mengubahnya menjadi protein. Ini lebih banyak ditemui pada brokoli muda. Mengkonsumsi brokoli setiap hari akan mengurangi oksidatif stress dan radikal bebas penyebab pembengkakan jaringan, hipertensi, stroke, kanker, serta penyakit otak alzeheimer.

Protein pilihan:

DADA AYAM & PUTIH TELUR

daging ayam cantik

Why? Karena kedua makanan tersebut memang merupakan sumber protein yang sangat rendah lemak. Nggak terlalu heran bila keduanya merupakan menu utama para atlet binaraga dan para fitnessmania. Dunia pun setuju akan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.