Hoover & lunges training

47
 
Oleh: Henri Hendarto

Latihan HOOVER adalah metode latihan untuk melatih 70% otot perut, 10% otot pinggang belakang, 10% otot pantat, 5% otot pangkal paha depan & 5% otot paha belakang (hamstring dengan teknik tubuh bagaikan papan yang disanggah oleh kedua tangan secara statis dengan posisi membentuk sudut siku stabil 45o menggunakan berat tubuh kita sendiri, tanpa beban tambahan. HOOVER memiliki banyak variasi dynamic movement.

Latihan LUNGE adalah metode latihan untuk melatih otot pangkal paha depan  dengan teknik jongkok & berdiri satu kaki serta menjaga posisi kaki depan  membentuk sudut siku 90o, sementara kaki belakang ditekuk membentuk sudut siku 45o sejajar lurus dengan tubuh kita.

46-47Latihan HOOVER & LUNGE merupakan jenis resistance exercise yang tergolong murah & mudah dilakukan dimanapun serta kapanpun, karena tidak memerlukan alat bantu apapun. Begitu pula dari segi manfaat. Latihan HOOVER & LUNGE  dapat menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaat utamanya adalah meningkatkan Kadar testosteron alami dalam tubuh serta meningkatkan ketahanan otot tubuh (muscle strengthening) maupun meningkatkan Daya Tahan Otot Jantung (muscle endurance). Karena kadar testosteron tinggi erat kaitannya dengan kemampuan seksual yang prima, memiliki otot yang kencang & tulang yang kuat berpeluang untuk panjang umur.

Sementara rendahnya tingkat atau kadar testosteron erat kaitannya dengan osteoporosis, diabetes, blood pressure & peningkatan viseral fat (lemak yang sulit terdeteksi namun mengelilingi organ vital), baik pada pria & wanita. Sebuah  studi juga membuktikkan bahwa korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi visceral fat, yaitu lemak yang menumpuk di dalam & sekitar organ vital didekat pinggang. So guys Keep Fit, Lean & Strong and Stay with The Spirit of Warrior. (teks : Dini/ Foto : Bimo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.