International Organization of Bodybuilding

Mr.Olympia Bila berbicara mengenai pembentukan otot, tentunya ada hal menarik mengapa para fitness mania terobsesi untuk berlomba-lomba mengolah ototnya sesempurna mungkin. Salah satu target utamanya adalah bersaing pada suatu kejuaraan.

Kompetisi binaraga ataupun fitness merupakan ajang persaingan yang mana diperuntukan bagi mereka yang memiliki kebolehan dalam memamerkan keindahan fisik berupa definisi otot  sempurna. Fakta yang berkembang saat ini menunjukkan, bahwa cukup banyak ikatan organisasi binaraga baru  mulai bermunculan. Atas landasan teori yang sama, yaitu mempromosikan pola hidup sehat, mereka pun berlomba-lomba menggelar kejuaraan binaraga dan body fitness sebagai pelengkap dari bentuk apresiasi kepada mereka yang bersusah payah membentuk seni keindahan tubuh berotot.

Agar tidak dibilang ‘kudet’ (kurang update) dalam mencermati perkembangan informasi binaraga internasional bukanlah suatu keharusan yang wajib dikonsumsi bagi setiap binaraga maupun fitness mania. Namun sekiranya kita perlu memahami dan mengerti pula akan induk organisasi maupun informasi kejuaraan apa saja yang sering dimainkan diluar sana. Setidaknya ada begitu banyak organisasi binaraga yang menaungi kejuaraan binaraga ataupun ideal fitness di dunia. Dari keberagaman organisasi seperti itulah binaraga ataupun fitness mulai banyak diikuti dan menjadi kegemaran dalam membuktikan pahatan tubuh terbaiknya. Berikut adalah nama-nama organisasi yang berperan dalam kejuaraan binaraga maupun figure fitness internasional: IFBB, NPC, IFPA, OCB, NANBF, WBFF, Muscle Mania, CBFF, NGA, REAL, FAME,UNBA, INBA, INBF, NPA.

IFBB

IFBB-PRO-QUALIFICATION-SERIES-2013

Berdiri sejak tahun 1946 di Montreal berkat gagasan yang diusung Ben bersama Joe Weider, maka terciptalah suatu federasi binaragawan internasional yang dikenal dengan IFBB. IFBB atau singkatan dari International Federation of Bodybuilder & Fitness merupakan suatu induk organisasi binaraga tertinggi dalam pencapaian prestasi sebagai seorang binaragawan profesional. Di tahun 1965 Joe menciptakan kejuaraan binaraga bertemakan Mr. Olympia. Disambut tahun 1980, Joe kembali mendirikan kejuaraan binaraga yang diperuntukan bagi wanita (women bodybuilder). Melihat pesatnya binaraga di dunia dengan keaneka ragaman genetik peserta, joe pun mengembangkan wadah kompetisinya dengan Fitness Olympia di tahun 1995 dan figure Olympia pada tahun 2003.

Arnold Classic

Tahun 1989 merupakan tahun paling berarti bagi Arnold Schwarzenegger yang dahulu menjabat sebagai ketua Komite Profesional pertama. Ia bersama sahabat koleganya Jim Lorimer mengajak bekerjasama dengan IFBB untuk menggelar kompetisi binaraga bertemakan Arnold Classic. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan kejuaraan Arnold Classic tak hanya diminati kalangan binaraga saja. Melainkan  atlet manapun turut memeriahkan pesta kebugaraan yang diselenggarakan Arnold ini. Pasalnya dalam kejuaraan tersebut, Arnold menggelar berbagai perlombaan kebugaran lainnya seperti powerlifting, bela diri, gymnastic, gulat, tinju, strongman, dan lain sebagainya. Secara konsep awal kejuaraan binaraganya itu sendiri, Arnold Classic terbagi dalam 4 kategori kejuaraan yang dimainkan diantaranya: Arnold Classic, Miss.International, Fitness International, dan Figure International.

denniswolf

Peraih medali pada Arnold Classic tahun 2013 ini telah beralih tangan dari Branch Warren kembali pada Dexter Jackson, setelah 6 tahun belakangan ini trophy tersebut menghindar darinya. Dalam kategori Miss. International kembali diraih oleh Iris Kyle. Berlanjut pada kategori Fitness International berhasil dibawa pulang oleh Tanji Johnson dan Figure International direbut oleh Candice Keene.

Bila dikaitkan dengan pembahasan tadi, maka Mr.Olympia dan Arnold Classic merupakan dua kompetisi professional yang berbeda namun masih tetap dibawah naungan organisasi IFBB. Bersaing agar menjadi binaraga professional merupakan suatu tekad ambisi yang harus dicapai bagi para kontestan. Meskipun sering berkompetisi bukan berarti disebut professional, jika mereka belum meraih tiket pro card.

NPC

ironman1

Organisasi berikutnya adalah NPC atau singkatan dari National Physique Comitte yang merupakan suatu lembaga organisasi binaragawan amatir terbesar di Amerika Serikat. Organisasi tersebut didirikan oleh mantan anggota komite American Athletic Union (AAU) Jame B Manion di tahun 1982. Disinilah langkah awal bagi seorang binaragawan untuk melaju pada kejuaraan terbesar.

Komite yang berafiliasi dengan IFBB ini  membuka kesempatan bagi para binaragawan amatir untuk melaju ke tahap professional dengan bersaing pada kejuaraan bertaraf lokal dengan beragam divisi perlombaan. Bagi para pemenang di NPC nationals Championship atau meraih gelar juara umum pada NPC USA, berhak mendapatkan apresiasi penghargaan berupa Pro Card guna melaju ke jenjang persaingan terberat berikutnya. Namun sangat disayangkan, komite penyelenggara kompetisi ini belum sepenuhnya dijumpai di belahan negara asia. Hanya saja mewakilkan beberapa negara Amerika. Adapun tema kualifikasi kejuaraan untuk melaju ke IFBB yang diselenggarakan NPC, diantaranya: NPC Junior USA Championships, NPC Junior National Championships, NPC Team Universe Championships, NPC Masters National Championship, NPC USA Championships, NPC National Championships.

figure

IFPA

Sebagaimana federasi tertinggi di dunia seperti IFBB, IFPA atau singkatan dari International Federation of Physique Athletes merupakan suatu induk organisasi yang menaungi kompetisi binaraga natural berkelas profesional. Organisasi ini pun memiliki organisasi afiliasi yang mengantarkan binaragawan amatir ke jenjang profesional. Agar dapat bersaing pada kompetisi ini, diperlukan pula pro card guna bersaing sebagai kompetitor binaragawan natural profesional. Menurut informasi yang dilansir melalui thenaturalmusclenetwork.com, sekiranya ada beberapa tema kategori kejuaran yang diselenggarakan IFPA disetiap tahunnya. Seperti IFPA Yorton Cup Pro World Championships, IFPA Pro Classic, IFPA Pro Global Championships, IFPA Pro International, IFPA Pro Masters, IFPA Pro Masters World Challenge, IFPA Masters Pro Cup, IFPA Pro USA, IFPA Pro North American, IFPA Pro Bowl.

OCB

Organization Competitive of Bodybuilders atau disingkat OCB, merupakan organisasi pesaing binaragawan natural diperuntukan bagi kalangan pemula. Didirikan pada bulan Januari tahun 2003 oleh Matt Shepley yang merupakan seorang binaragawan natural, organisasi ini dianggap sebagai wadah persaingan otot yang lebih diminati oleh para binaragawan natural. Tujuan yang diangkat adalah memberi peluang bagi para atlet natural dalam meraih tiket professional, serta berkesempatan bersaing pada kejuaran bertaraf internasional. Selain itu, mengeksposur para atlet nya untuk tampil di media adalah manfaat berikutnya bagi para atlet yang telah meraih predikat professional. Agar dapat menuju IFPA, sudah seyogianya seorang atlet binaraga natural memperoleh lisensi tiket pro card dengan menjuarai kompetisi yang diselenggarakan OCB.

Organization of Competitive Bodybuilders (OCB)

Tak hanya bersaing pada kejuaraan OCB saja agar dapat melaju ke IFPA. Melalui NANBF atau North American Natural Bodybuilding Federation, para atlet natural pun berkesempatan meraih tiket pro card nya. Secara ideologis NANBF juga memiliki prospektif kedepan yang sejalan dengan OCB, yaitu mempromosikan binaraga natural dimata dunia. Hampir setiap bulan dalam setahun OCB menyelenggarakan kompetisinya diberbagai negara di Amerika dengan bertemakan kejuaraan yang dengan tema dan tempat dimana event tersebut diselenggarakan, seperti OCB Natural, OCB Natural Championship, OCB Tri-state Championship, OCB Main Event.

Muscle Mania

Muscle mania adalah serangkaian kontes binaraga natural yang menampilkan fisik terbaik dari seluruh dunia. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, muscle mania bertujuan mempelopori industri fitness dengan menghadirkan tour kompetisi binaraga natural berkelas dunia. Dengan terobosan yang berani dan penuh tantangan, muscle mania pun menyatakan bahwa event kejuaraan yang diselenggarakannya tersebut menjadikan suatu wadah kejuaraan paling bergengsi bagi para binaraga natural. Tujuannya agar para binaragawan lebih tetap sehat dan bugar dengan prestasi yang fair.

Secara teknis kejuaraan muscle mania terbagi dalam berbagai kelas berdasarkan berat badan, usia dan jenis kelamin yang terkelompok dalam 2 kategori amatir (pemula) dan professional. Jika dibandingkan dengan kontes sebelumnya, muscle mania memiliki divisi kompetisi amatir yang tak jauh kalah menarik, seperti diantaranya kelas binaraga yang terbuka untuk pria dan wanita, kelas untuk pendatang baru, master, grand master, dan junior. Namun setelah gelar professional diraih, akan menghilang atau dicopot bila peserta tersebut bersaing pada kejuaraan professional di luar regional muscle mania. muscle mania

Lalu kategori apa saja yang umum diadakan?

Begitu banyak kategori persaingan yang diperlombakan pada setiap organisasi binaraga. Akan tetapi, itu semua menjadikan sebuah prasarana bersaing agar lebih sportif dan dinamis. Beda porsi tubuh, beda pula kategori kelas yang dimainkan. Fitness mania lebih bebas mengekspresikan keindahan tubuhnya dengan mengikuti kelas yang sesuai proporsional tubuh. Berikut klasifikasi kelas dari masing-masing federasi binaraga internasional.

IFBB

Kategori pria : Body building classic (170cm, 175cm, 180cm, 180+ cm), men fitness (170cm, 175cm, 180cm, 180+ cm)
Kategori perempuan : Women fitness, women bodyfitness (158cm, 163cm, 168cm dan 168+ cm)

NPC

Kategori pria : Pesaing pria untuk kualifikasi pro (terbagi 6 kelas), kelas menengah untuk Amerika Serikat dan kejuaran nasional (terbagi 7 kelas)
Kategori perempuan : Female weight classes, terbagi menjadi 3 kategori dengan kelas-kelas yang berbeda (2 kelas, 3 kelas, 4 kelas)

IFPA

Kategori pria : Men’s bodybuilding
Kategori perempuan : Women’s bodybuilding, figure dan bikini

OCB

Kategori pria : Mens Physique, mens bodybuilding, mens figure, mens fitness model
Kategori perempuan : Womens physique, miss bikini, women fitness model

Muscle Mania

Kategori pria : Open men, novice men, junior, teenage, masters, grand masters, super masters, professional
Kategori perempuan : Open women

DSC_4354

Binaraga Indonesia hanya berinduk pada PABBSI

Perlu diingatkan kembali, hidup matinya seorang binaragawan Indonesia ditentukan oleh kemana ia harus berinduk. Tidak ada larangan yang menyatakan Atlet binaraga Indonesia haram mengikuti kompetisi diluar negeri, itu tandanya bukan berarti ia harus mengabaikan induk organisasi Indonesia yaitu PABBSI.  Sebagaimana ketetapan yang dikeluarkan organisasi luar, bahwa seorang atletnya dilarang mengikuti kejuaran lain selain dibawah naungan organisasi induknya. Maka PB PABBSI pun turut memberlakukan aturan main yang sama bagi para atlet Indonesia. Bila pelanggaran itu terjadi, maka atlet tersebut siap menerima sanksi baik berupa skorsing ataupun tidak diikut sertakan dalam pertandingan yang mengatasnamakan Negara Indonesia, seperti SEA GAMES dan ASEAN GAMES.

Sebagaimana diketahui bahwa organisasi binaraga kita (PABSSI) masih berinduk pada Southeast Asian Bodybuilding and Fitness Federation (SEABBF) dan  Asian Bodybuilding and Fitness Federation (ABBF). Namun dahulu sempat berdiri pula cabang induk IFBB di Indonesia, yang disebut dengan Ferderasi Binaraga Indonesia (FBI). Namun kemunculan organisasi tersebut dituding menimbulkan kisruh di tubuh PABBSI, hingga akhirnya FBI dinyatakan ditutup untuk menghindari terjadinya sengketa yang berkepanjangan.

Sebagai pecinta fitness, membekali wawasan seputar organisasi beserta kejuaraan binaraga dan fitness terkini merupakan suatu kebiasaan yang tidak harus dilewatkan begitu saja. Masih banyak organisasi lainnya yang belum sempat dikupas dari pembahasan singkat tadi. Meng-upgrade kembali informasi melalui media, rupanya cukup menjadi referensi tambahan yang senantiasa menginspirasi Anda untuk mentransformasi bentuk tubuh maupun segi wawasan. Mungkin bagi Reps mania, yang notabennya sebagai seniman otot yang ingin go international, tidak ada salahnya jika Anda sejak dini memperbarui informasi perkembangan kompetisi di luar sana. Bisa jadi Anda lah salah satu regenerasi binaragawan Indonesia berikutnya yang akan mengukir prestasi dunia. Namun perlu digaris bawahi pula, bahwa pertandingan tersebut masih dibawah naungan PB PABBSI yang selaku induk organisasi binaraga kita.

2 thoughts on “International Organization of Bodybuilding

  1. Jadi apa harus bergabung d PABBSI dulu baru bisa turun di kejuaraan bodybuilding di luar sana??

  2. @Tami A.K.A A KONG:
    Untuk bertanding di luar, Atlet mereka punya jalan dan punya tujuannya masing-masing. Selagi mereka ingin bertanding di luar namun secara legal dengan kata lain diakui oleh negara Indonesia, Atlet harus bisa mengikuti prosedur badan induk organisasi nasional kita yang di bawahi oleh PABBSI. Setelah si Atlet mendapatkan rekomendasi dari PB PABBSI, maka ia dinyatakan “SYAH” untuk membela dan membawa nama bangsa secara legal dan terdaftar. Tidak perlu si Atlet harus bergabung ke pengurusan PABBSI, cukup sering bertanding di acara kejuaraan yang diadakan oleh PABBSI atau yang direkomendasikan oleh PABBSI.

    Namun jika si Atlet ingin bertanding diluar afiliasi induk organisasi kita PABBSI, sebenarnya juga “SYAH-SYAH” saja. Namun ada beberapa pertimbangan jika Atlet tersebut sudah terdaftar sebagai atlet yang dibawah naungan PABBSI, seperti teguran atau pencopotan nama Atlet. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *