Jaga Kesehatan Pencernaan Dengan 10 Makanan Ini

Gangguan pencernaan adalah hal yang sangat sering terjadi. Tidak jarang hal tersebut berkembang menjadi penyakit yang serius. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, khususnya usus karena memegang penting dalam penyerapan nutrisi, mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi resiko penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar bakteri baik di dalam usus tetap terjaga.

Berikut daftar 10 makanan yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Masukkan ke dalam daftar menu makanan Anda sehari secara bertahap agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

Pepaya

Pepaya mudah ditemukan di tempat yang beriklim tropis. Buah ini mengandung enzim papain dan chymopapain, yakni enzim pencernaan yang membantu memecah protein yang ada masuk ke tubuh. Selain enzim pencernaan, pepaya juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Peppermint 

Peppermint yang sering dijadikan garnish atau diolah menjadi minuman segar baik panas atau dingin ini ternyata dapat meredakan gangguan pencernaan dan juga membantu menyembuhkan beberapa gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus. Peppermint yang diolah menjadi ramuan dapat meredakan rasa mual yang disebabkan oleh kejang otot perut. 

Kefir

Minuman yang dibuat dari susu yang difermentasi ini mengandung bakteri yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, khususnya usus Anda. Kefir juga mengandung banyak nutrisi, diantaranya vitamin A, D, kalsium, dan juga protein.

Kimchi

Makanan khas Korea yang merupakan sayuran yang difermentasi ini kaya akan bakteri sehat. Anda dapat menikmatinya bersama roti panggang, sup, atau sesuai selera Anda.

Lentil (kacang-kacangan)

Sebagian besar orang di Amerika Serikat mengkonsumsi kurang dari setengah jumlah serat harian yang disarankan. Untuk itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi lentil untuk memenuhinya karena mengandung 15 gram serat per-cangkirnya.

Jahe

Bukan hal baru kalau rempah yang satu ini kerap dijadikan obat herbal. Manfaatnya meredakan mual dan menghangatkan perut membuat jahe juga banyak diolah menjadi camilan dan juga minuman yang disajikan hangat.

Greek Yoghurt

Di dalam greek yoghurt mengandung kultur hidup yang aktif dan bertindak sebagai probiotik. Probiotik ini sangat baik untuk kesehatan usus. Anda dapat mengkonsumsi 1 porsi greek yoghurt setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Kacang Almond

Kacang almond juga dikenal sebagai makanan yang menyehatkan pencernaan. Dalam 1 porsi kacang almond terkandung 4 gram serat (15% dari kebutuhan harian serat). 

Chia seed

Chia mengandung sekitar 5 gram serat sehat dalam 1 sendok makan. Anda dapat menaburkan chia seed ke atas yogurt, sereal, ataupun dicampur dalam smoothie.

Kiwi

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini ternyata kaya akan enzim yang menyehatkan pencernaan. Salah satunya enzim actinidin yang membantu tubuh mencerna makanan kaya protein. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.